Yuk Mulai Hidup Sehat Dengan Berolahraga

Salah satu penyakit yang menyerang lansia yaitu penyakit jantung dan stroke. Pemicu utama dari penyakit ini yaitu pola hidup yang tidak sehat serta kurangnya melakukan aktivitas seperti olahraga. Banyak sekali manfaat dari berolahraga untuk lansia. Anda harus mengurangi makanan berlemak agar tidak mudah terkena kolesterol tinggi. Dengan berolahraga minimal dua kali dalam satu minggu dapat mencegah timbulnya penyakit jantung dan stroke di masa tua. Makan-makanan bergizi dan seimbang dapat mencegah timbulnya kelebihan gizi dan mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke.

Jenis Olahraga Untuk Lansia

Menginjak usia yang tidak muda lagi banyak orang yang terkena penyakit stroke dan jantung karena pola hidupnya waktu muda tidak sehat. Menjaga kesehatan merupakan salah satu hal yang penting dan wajib dilakukan oleh setiap orang karena kesehatan mahal harganya. Hidup sehat di masa tua merupakan sesuatu yang sangat berharga karena di masa tua hanya perlu menikmati hidup tanpa harus merasakan sakit. Ada beberapa jenis olahraga untuk lansia yaitu :

  • Senam untuk mencegah stroke

Banyak manfaat dari senam anti stroke ini salah satunya yaitu mengembalikan aktivitas motorik dari lansia. Gerakan dari senam ini yaitu sangat sederhana namun Anda tetap harus memperhatikan kondisi tubuh Anda sebelum melakukan senam anti stroke ini. Sebelum melakukan gerakan senam ini tentunya Anda juga harus memperhatikan denyut nadi Anda.

  • Olahraga yoga

Ada banyak manfaat dari olahraga ini yaitu untuk melatih pernafasan Anda dan merelaksasi diri agar di usia tua Anda selalu merasa bahagia. Yoga dapat mengurangi risiko penyakit jantung karena dengan melakukan gerakan ini, Anda akan merasa lebih rileks. Biasanya yoga dilakukan di alam yang terbuka seperti di taman rumah karena udaranya sejuk serta suasananya tenang dan damai.

  • Seringnya berjalan kaki

Semakin sering Anda melakukan jalan kaki maka otot Anda akan bertambah kuat sehingga terhindar dari penyakit osteoporosis.

Demikian artikel mengenai tips jenis olahraga untuk lansia yang dapat dilakukan dengan mudah dan murah di rumah sendiri. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda.

Related posts: