Wisata Budaya Jogja

Waktu liburan menjadi waktu yang sangat tepat untuk kembali menjernihkan pikiran dengan berlibur. Setiap orang tentunya memiliki gaya liburan yang berbeda-beda. Bagi mereka yang menyukai sejarah, akan memilih tempat-tempat dengan nilai sejarah dan kebudayaan yang masih kental untuk dikunjungi, salah satunya Jogja. Tak perlu mengkhawatirkan tempat tinggal karena ada banyak sewa apartemen murah di Jogja. Karena selain dikenal dengan kota wisata, Jogja juga dikenal sebagai kota budaya yang masih tetap mempertahankan budaya asli mereka hingga kini. Setiap sudut Jogja akan terasa sangat kental dengan kebudayaan yang unik. Beberapa wisata budaya terkenal di Jogja.

Wisata Budaya Terkenal Di Jogja

Sama halnya seperti pulai Dewata Bali yang sangat kental dengan budaya daerahnya, Jogja juga sangat menjaga dan melestarikan budaya leluhur hingga saat ini. Beberapa tempat ini membuktikan bahwa Jogja pantas menyandang sebutan kota budaya.

  1. Kraton Yogyakarta

Keraton Yogyakarta merupakan istana tempat tinggal Raja Jogja, bernama Sri Sultan Hamengku Buwono X  bersama dengan keluarganya. Setiap harinya, Kraton Jogja dibuka untuk umum sehingga wisatawan dapat berkunjung dan menikmati aura kebudayaan yang sangat kental di Kraton. Selain itu, ada berbagai pertunjukan seni yang akan menghibur para wisatawan seperti macapat, gamelan, wayang orang, wayang golek menak, wayang kulit, dan tari serimpi. Benda-benda bersejarah milik kerajaan juga akan dipamerkan, seperti batik kuno, gamelan, benda-benda pribadi raja dan berbagai macam lukisan bersejarah.

 

  1. Benteng Vredeburg

Benteng Vredeburg saat ini dijadikan sebagai museum perjuangan sejarah nasional Indonesia. Museum ini terletak di jalan Malioboro yang menyediakan banyak sewa apartemen murah di Jogja sehingga lokasi benteng ini sangat strategis dan dapat ditempuh hanya dengan jalan kaki jika penginapan Anda berada di sekitar jalan Malioboro.

 

Kraton Yogyakarta merupakan pusat kebudayaan di Jogja, sedangkan Benteng Vredeburg merupakan saksi bisu perjuangan rakyat Indonesia melawan penjajahan Belanda. Lokasi kedua tempat wisata tersebut berada di pusat kota Jogja sehingga dekat dengan tempat sewa apartemen murah di Jogja.

Related posts: