Warning! Waspada Obat Jerawat Berbahaya

Mempunyai masalah jerawat membandel kadang menutup mata kita untuk membedakan mana produk yang aman digunakan dan mana yang berbahaya. Keinginan yang terlalu besar untuk menghilangkan jerawat membandel membuat kita tidak waspada dalam memilih obat untuk jerawat yang aman digunakan. Padahal, ada banyak obat jerawat yang sangat berbahaya jika digunakan dalam jangka waktu yang lama. Waspadalah dalam memilih obat untuk jerawat dengan mngenali kandungan berbahaya yang mungkin terdapat di obat untuk jerawat anda.

Kandungan Obat Jerawat Yang Berbahaya

Ada banyak krim dan obat jerawat palsu yang beradar dipasaran. Produk-produk tersebut tidak menghilangkan masalah jerawat namun malah menimbulkan efek samping berbahaya untuk kesehatan tubuh. Berikut beberapa kandungan obat untuk jerawat berbahaya;

  1. Hidrokuinon

Senyawa ini berperan sangat cepat menghilangkan jerawat namun meninggalkan efek yang mengerikan. Hilangnya jerawat secara instan dibarengi dengan perubahan warna kulit menjadi berwarna putih pucat. Selain itu, efek lain yang timbul antara lain flek hitam, pembengkakan dan rasa panas pada wajah.

  1. Asam retinoat

Asam retinoat merupakan senyawa yang paling sering ditemukan pada obat untuk jerawat berbahaya. Senyawa ini menimbulkan efek samping berupa rasa panas pada kulit dan kulit mengelupas.

  1. Merkuri

Merkuri merupakan senyawa yang paling banyak ditemukan pada produk penghilang jerawat. Senyawa ini mengandung logam berat sehingga sangat berbahay dan akan menimbulkan efek samping seperti iritasi dan memicu bintik hitam jika terkena kulit.

Tanda-Tanda Obat Jerawat Berbahaya

Ada beberapa tanda-tanda yang dapat kita perhatikan untuk memastikan apakah obat untuk jerawat berbahaya. Tanda-tanda tersebut adalah;

  1. Berharga murah

Jangan mudah tergiur dengan obat untuk jerawat berharga murah karena kandungan didalamnya patut kita waspadai. Obat tersebut bisa saja menggunakan bahan sembarangan sehingga berharga murah.

  1. Bau menyengat

Jika obat untuk jerawat anda memiliki bau menyengat seperti sangat wangi atau malah berbau busuk, anda perlu waspada. Bau yang terlalu menyengat timbul karena pencampuran bahan-bahan kimia tertentu yang tidak enak. Produsen obat untuk jerawat palsu akan mencampurkan parfum untuk menghilangkan bau tidak tersebut.

  1. Memicu ketergantungan

Jika jerawat kembali muncul setelah pemakaian dihentikan, dapat disimpulkan bahwa obat jerawat tersebut berbaya karena memicu ketergantungan.

Related posts: