Wajah Sering Berjerawat? Ayo Lawan!

Kesehatan tubuh sangat perlu diperhatikan. Tahukah Anda jika sebuah jerawat bisa mengindikasi gangguan kesehatan? Jerawat di hidung menandakan adanya masalah pada hati dan jantung, sedangkan jerawat di pipi menandakan stres. Namun jika Anda memiliki masalah jerawat yang tidak hanya berada pada satu tempat, hal itu mengindikasikan kesehatan atau penyebab lainnya wajah Anda berjerawat.

Kenali Faktornya

Ada beberapa faktor mengapa wajah menjadi berjerawat. Faktor pertama adalah yang sering terjadi dan menjadi penyebab yang susah untuk ditangani. Yakni jerawat diakibatkan faktor keturunan. Jerawat karena faktor ini merupakan kasus yang sulit ditangani dan butuh perawatan khusus. Faktor yang kedua adalah pola hidup yang kurang sehat. Selain apa yang dikonsumsi, pertumbuhan jerawat juga dipengaruhi oleh bagaimana kita merawat diri kita.

Adapun faktor lainnya juga yaitu jenis kulit. Jenis kulit sensitif cenderung kering ataupun berminyak memiliki risiko yang tinggi dibandingkan dengan jenis kulit normal jika tidak dirawat dengan baik dan benar. Selain itu ada faktor lainnya yang juga menjadi penyebab jerawat yaitu alergi. Kondisi alergi pada makanan dan hal lainnya tidak hanya menimbulkan gatal, pada beberapa kasus alergi yang dirasakan bisa berupa jerawat ataupun bisul.

Dan kini ada beberapa tips untuk mencegah terjadinya jerawat yang bisa Anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari

  • Rajinlah mencuci muka

Kegiatan mencuci muka harusnya menjadi wajib. Sebab, dengan mencuci muka secara teratur atau minimal sebelum tidur kotoran akan menghilang. Pilihlah sabun cuci muka yang sesuai dengan jenis kulit Anda.

  • Rajin mengganti seprei

Kotoran dan debu akan mengendap dalam waktu yang lama jika seprei tidak diganti secara berkala.

  • Hindari handuk kotor

Handuk bisa menghantarkan kotoran pada wajah, sebaiknya Anda sering mengganti handuk atau menyiapkan handuk khusus untuk wajah.

  • Lakukan perawatan (jika diperlukan)

Lakukanlah perawatan semisal menggunakan masker satu hingga dua kali seminggu untuk mencegah jerawat dan membersihkan wajah.

Hal di atas semoga membantu Anda dalam menghadapi jerawat. Yang terpenting adalah selalu konsisten hidup bersih dan sehat sehingga jerawat enggan menghampiri wajah Anda. Galakkan selalu gaya hidup sehat.

Related posts: