Unsur Desa Yang Menjadikan Desa Istimewa

Mendengar kata desa, sebagian besar dari kita pasti akan memikirkan udara sejuk dan pemandangan alam yang menakjubkan. Desa memang selalu identik dengan wilayah alamnya yang hijau, luas, dan asri. Berbeda dengan kota yang mengalami perkembangan infrastruktur yang sangat cepat, pemerintahan desa cenderung lambat dalam hal pembangunan dan ekonomi. Hal tersebut disebabkan oleh banyak hal, salah satunya adalah fokus pembangunan pemerintah yang memang difokuskan ke daerah kota.

Tiga Unsur Desa Yang Menjadikan Desa Istimewa

Kata desa berasal dari bahasa sanskerta yang memiliki arti tempat asal usul, meskipun desa memiliki banyak sebutan berbeda seperti dusun, kampung, kampung atau lainnya. Meskipun kebanyakan desa memiliki perkembangan yang lebih lambat, namun ada banyak hal yang membuat desa menjadi istimewa. Ada banyak hal yang tidak akan kita temukan di kota, namun dapat dengan mudah ditemukan di desa. Berikut ini tiga unsur pemerintahan desa yang membuatnya istimewa.

  1. Wilayah

Unsur pertama yang menjadikan desa istimewa adalah wilayah. Indonesia merupakan Negara agraris yang memiliki kekayaan alam yang sangat melimpah, entah itu dari daratan ataupun lautan. Wilayah desa yang luas dengan tanah subur dan pemandangan alam yang indah adalah pesona yang tidak kita dapatkan di kota. Desa di Indonesia didominasi oleh pegunungan, persawahan, perkebunan, bahkan pantai yang memesona.

  1. Penduduk

Jumlah penduduk yang ada di desa memang biasanya lebih sedikit dibandingkan dengan jumlah penduduk di kota. Namun hal tersebut menjadi keistimewaan desa tersendiri karena itu berarti tingkat kepadatan penduduk di desa lebih rendah jika dibandingkan dengan tingkat kepadatan penduduk yang ada di kota. Hal tersebut tentu saja membawa kesejahteraan tersendiri untuk masyarakat desa.

  1. Adat istiadat atau aturan desa

Adat istiadat merupakan suatu kebiasaan masyarakat desa yang telah dilakukan berpuluh-puluh tahun sehingga membentuk suatu aturan yang tak tertulis. Hukum di desa memang biasanya masih sangat kental dengan adat istiadat tiap desa. Mungkin kita akan terkejut jika mengetahui banyaknya perbedaan adat istiadat antara desa satu dengan desa lainnya. Untuk lebih jelasnya, situs berdesa.com akan menjelaskan hal tersebut secara lebih detail.

Related posts: