Tips Menjaga Kesehatan Pada Masa Tua

Pada kondisi lanjut usia, seseorang tentu membutuhkan perhatian khusus. Pada usia tersebut, seseorang menjadi sangat rentan terkena penyakit. Ada berbagai macam penyebab, salah satunya adalah sistem kekebalan tubuh yang semakin berkurang. Selain itu, kemampuan panca indra juga semakin menurun pada usia lanjut. Untuk menjaga kondisi tubuh tetap sehat, maka salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan cara menjaga pola hidup yang sehat.

Lalu, Apa Yang Dapat Dilakukan Untuk Menjaga Kesehatan Pada Masa Tua?

Ada beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk menjaga kesehatan di masa tua, berikut ini adalah beberapa tips yang dapat Anda lakukan:

  1. Menjaga pola makan

Salah satu cara yag sangat penting dalam menjaga kesehatan tubuh baik pada usia balita, remaja, dewasa, maupun lansia adalah pola makan. Beberapa orang tidak memperhatikan pola makannya sehingga akan menyebabkan masalah di kemudian hari. Berbeda dengan usia bugar, pada lansia tidak semua jenis makanan dapat dikonsumsi. Yang sangat disarankan adalah buah-buahan, sayuran, gandum, serta beberapa makanan lainnya. Makanan yang mengandung kolesterol tinggi sebaiknya dihindari untuk mencegah terjadinya darah tinggi.

  1. Olahraga teratur

Untuk menjaga persendian dan otot dalam keadaan yang sehat, maka sebaiknya melakukan olahraga ringan. Olahraga dapat dilakukan dengan berjalan atau mengikuti program senam lansia.

  1. Konsumsi susu untuk menambah nutrisi pada tulang

Salah satu hal paling rawan mengalami gangguan pada usia lanjut adalah tulang. Pada usia lanjut, tulang kehilangan berbagai macam nutrisi yang menyebabkan tulang tersebut sangat rawan terkena osteoporosis. Untuk menghindari hal tersebut, maka sangat disarankan untuk Anda mengonsumsi susu yang mengandung cukup nutrisi untuk tulang.

Demikian beberapa tips menjaga kesehatan di usia lanjut. Agar terhindar dari berbagai macam penyakit di usia lanjut, maka sebaiknya pola hidup sehat sudah di lakukan sejak dini. Tidak sedikit jenis penyakit yang muncul akibat kebiasaan buruk yang dilakukan semasa muda. Sebaiknya, hindari konsumsi alkohol serta merokok. Kedua hal tersebut menjadi sumber penyakit bagi tubuh jika terus-terusan masuk ke dalam tubuh. Sebagai gantinya, perbanyak konsumsi sayur dan buah yang menjadi bahan makanan yang kaya akan nutrisi.

Related posts: