Tips Menjaga Kesehatan Kulit Wajah Berminyak

Minyak yang terdapat pada kulit wajah sebenarnya adalah hal yang wajar dan normal, karena fungsi dari minyak tersebut adalah untuk melindungi dan mengatur kelembapan kulit. Namun ketika minyak yang muncul di wajah menjadi berlebih, tentunya akan sangat sulit dan repot untuk merawatnya. Selain itu minyak yang banyak dapat menutup pori-pori di kulit wajah sehingga menumpuk dan memicu pembentukan jerawat. Merawat kulit berjerawat membutuhkan perhatian yang ekstra agar tidak terjadi hal yang buruk terhadap kulit.

Tips Menjaga Kesehatan Kulit Wajah Berminyak

Kulit yang berminyak menjadi lebih sensitif dan agak sulit untuk mengaplikasikan make up di atasnya. Untuk menjaga kesehatan kulit berminyak ini, ada beberapa tips yang bisa kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari.

  • Mencuci Muka

Tidak sembarang mencuci muka, untuk kulit wajah berminyak diharuskan mencuci muka dengan cara dan bahan yang tepat dan benar. Hal paling dasar yang bisa kita lakukan adalah mencuci muka menggunakan air hangat atau suam-suam kuku. Air hangat akan membantu mengangkat minyak berlebih dari kulit wajah dibandingkan dengan air bersuhu normal. Kemudian gunakan produk pembersih wajah yang mengandung asam alpha-hidroxy (AHA) yang dapat membantu mengangkat sel-sel kulit mati.

  • Membuat Masker Putih Telur

Putih telur pada telur ayam diyakini memiliki fungsi yang baik jika diaplikasikan pada kulit wajah berminyak sebagai masker. Beberapa fungsi dari putih telur bagi kulit yaitu untuk mengencangkan kulit dan mengurangi volume minyak yang berlebih. Cara penggunaannya juga sangat mudah, yaitu campurkan putih telur dengan satu sendok makan madu, kemudian kocok hingga tercampur rata. Setelah adonan kental, oleskan pada wajah sebagai masker dan diamkan selama 10 menit, bilas dengan air hangat.

  • Gunakan Bedak Loose Powder

Loose powder atau bedak tabur dapat digunakan untuk kulit wajah yang berminyak lebih baik ketimbang compact powder. Bedak tabur yang ringan akan mengurangi resiko mengendapnya butiran serbuk bedak pada pori-pori wajah yang dapat memicu munculnya jerawat. Selain itu jika menggunakan compact powder akan membuat bedak menggumpal dan terlihat cakey di kulit.

Tips menjaga kesehatan kulit wajah berminyak di atas dapat digunakan untuk aktivitas sehari-hari, di mana saja dan kapan saja tanpa mengganggu kesibukan. Semoga bermanfaat.

Related posts: