Tips Menjaga Kesehatan Ibu Hamil

Bagi seorang Ibu Hamil, makan makanan dengan kandungan gluten yang rendah sangat baik. Gluten sendiri adalah gabungan protein yang dapat memberikan tekstur di makanan. Gluten merupakan bagian dari biji-biji sereal. Jika Anda mengonsumsi gluten saat hamil dan kondisi Anda ternyata tidak toleran terhadap gluten maka dapat menyebabkan penyakit celiac. Jika Anda memiliki kondisi tidak toleran terhadap gluten, dapat menyebabkan Anda mengalami kesulitan dalam mencerna makanan.

Mengonsumsi Makanan Yang Mengandung Rendah Gluten

Kondisi Ibu Hamil butuh dukungan dari berbagai pihak. Oleh karenanya Anda perlu menahan diri untuk tidak mengonsumsi gluten saat masa kehamilan. Jika seseorang yang tidak toleran mengonsumsi gluten namun dipaksakan mengonsumsinya maka dapat mengakibatkan alergi tertentu. Oleh karena itu para ahli seringnya menyarankan untuk ikut diet kehamilan bebas gluten.

Gejala umum intoleransi gluten adalah penurunan berat badan, kelelahan, nyeri sendi, nyeri tulang, sakit kepala dan kembung. Kemudian gejala lainnya yaitu depresi, kesemutan di kaki, diare, timbunan gas di perut dan muntah-muntah. Oleh karena bagi ibu yang sedang hamil maka sebaiknya mengonsumsi makanan bebas gluten. Makanan bebas gluten yang lain yang sangat baik untuk dikonsumsi adalah ayam dan daging.

Biji-bijian seperti jagung, beras dan kedelai yang dikonsumsi dalam jumlah cukup, dapat membantu Anda memiliki otot dan juga energi yang sehat. Selain itu kacang-kacangan seperti biji chia, kenari, Almond dan kacang juga sangat baik untuk dikonsumsi bagi Ibu Hamil. Hal tersebut karena kacang-kacangan kaya dengan selenium, omega-3 dan protein yang sangat baik dan diperlukan bagi perkembangan janin.

Buah dan sayuran adalah menu yang dapat Anda tambahkan pada diet bebas gluten. Anda dapat mengonsumsi sayuran hijau. Hal ini sangat baik terutama karena sayuran hijau mengandung zat besi yang cukup. Jika kebutuhan zat besi dapat terpenuhi maka risiko anemia dapat berkurang. Kemudian kandungan vitamin dan mineral di sayuran hijau sangat penting untuk mencegah kekurangan gizi. Demikian informasi mengenai makanan bebas gluten yang sebaiknya dikonsumsi oleh ibu yang hamil, semoga bermanfaat.

Related posts: