Tips Mengobati Anak Cacingan

Kesehatan dari setiap anak jelas sangatlah perlu untuk diperhatikan oleh para orang tua. Pastinya cukup susah untuk mengontrol kesehatan anak terlebih jika si anak masih dalam masa pertumbuhan. Dari sekian banyak jenis penyakit yang biasa datang pada anak-anak adalah penyakit cacingan. Cacingan pada anak amatlah berbahaya karena bisa mengganggu pertumbuhan tubuh dan membuat badan menjadi kurus.

Mengobati Anak Yang Terkena Cacingan

Penyakit cacingan pada anak bisa dilihat dari tingkat nafsu makan yang dimiliki si anak. Hal inilah yang menyebabkan tubuh anak menjadi kurang nutrisi dan pertumbuhannya pun akan terganggu. Jika anak Anda terlanjur mengalami cacingan, maka beberapa cara berikut bisa dicoba untuk mengatasinya:

  • Konsumsi bawang putih

Bawang putih bisa menjadi obat mujarab untuk mengatasi cacingan pada anak. Jika pada orang dewasa bawang putih bisa dikonsumsi secara langsung atau membuat minuman larutan sari bawang putih. Namun anak-anak pastinya tidak akan menyukainya. Para orang tua bisa mengolah bawang putih sebagai bumbu pada berbagai jenis makanan. Perbanyaklah penggunaan bawang putih agar efek bisa lebih terasa.

  • Jus wortel

Bukan hanya baik untuk mata karena kaya akan vitamin A, wortel juga sebenarnya cukup efektif untuk mengatasi masalah cacingan. Nutrisi pada wortel bisa meningkatkan sistem kekebalan sehingga parasit cacing bisa dibasmi. Serat pada wortel juga akan membuat pencernaan bisa lancar. Wortel cukup dibuat jus agar anak-anak bisa semakin tertarik untuk mengkonsumsinya.

  • Kulit mangga

Siapa sih yang tidak suka buah mangga? Buahnya yang manis pastinya disukai semua orang. Buahnya yang kaya akan vitamin C jelas sangat menyehatkan bagi tubuh. Namun tidak hanya daging buahnya, namun kulit buahnya juga memiliki fungsi terutama perihal masalah pengobatan penyakit cacingan. Sifat antelmintik dari kulit buah mangga sangat cocok untuk melawan segala larva ataupun parasit dalam tubuh.

Cara mengkonsumsi kulit mangga sebagai obat cacing bisa dilakukan dengan merebusnya. Rebus kulit mangga beberapa menit untuk bisa mendapatkan zat antelmintiknya. Minumlah air rebusan kulit mangga selagi masih hangat.

Related posts: