Tips Menenangkan Bayi Yang Menangis

Artikel panduan bayi kali ini akan membahas tentang tips menenangkan bayi yang menangis. Mengenali tangisan dan menenangkan bayi yang menangis merupakan hal yang gampang-gampang susah. Ada tangisan bayi yang cukup mudah diketahui penyebabnya dan ada pula tangisan bayi tanpa penyebab khusus. Ada bayi yang dapat dengan mudah ditenangkan dan ada pula yang benar-benar sulit.

Cara Mudah Menenenangkan Bayi Yang Sedang Menangis

Seringkali cara yang paling efektif dalam menangani bayi yang menangis rewel dan membuat dia tenang adalah dengan menyusui ataupun menggendongnya. Nah berikut beberapa tips yang dapat Anda lakukan ketika Anda berhadapan dengan bayi yang menangis rewel.

  • Anda dapat menenangkan bayi yang menangis rewel dengan menggendong dan mengayunkannya secara lembut dan dengan berjalan perlahan-lahan di dalam ruangan. Bila tak berhasil maka Anda dapat mencoba untuk mengganti posisinya.
  • Panduan bayi berikutnya dalam menenangkan bayi yang menangis adalah dengan cara mengusap lembut kepalanya atau dengan menepuk lembut punggungnya, dan biarkan bayi Anda mendengarkan suara Anda yang mampu menenangkan.
  • Popok yang basah bisa menjadi penyebab bayi terus menerus menangis. Segera lakukan pergantian popok yang basah tersebut. Bersihkan bagian tubuh bayi yang kotor dan keringkan terlebih dahulu menggunakan handuk yang lembut.
  • Bila ruangan dirasa panas nyalakan kipas, buka jendela, atau bisa dengan menghidupkan AC. Cuaca yang tak bersahabat menjadi salah satu penyebab mengapa bayi terus menangis.
  • Ketika cuaca dingin maka selimuti bayi Anda dengan selimut lembut.
  • Tenangkan bayi yang menangis rewel dengan membawanya keluar rumah untuk sekedar berjalan-jalan.
  • Anda pun bisa menenangkan bayi yang menangis rewel dengan meletakannya pada ayunan dan goyangkan dengan perlahan-lahan.
  • Pakaian ketat yang dikenakan oleh bayi Anda dapat memicu iritasi, oleh karena itu sebaiknya Anda hindari bila tak ingin bayi Anda tak nyaman dan menangis rewel.
  • Biarkan bayi Anda mendengarkan suara-suara dari boneka mainan yang dapat mengeluarkan bunyi atau musik.
  • Anda harus menangani bayi yang menangis rewel dengan tenang dan sabar. Jangan mengguncang bayi dengan keras untuk menenangkannya sebab itu adalah tindakan berbahaya.

Demikianlah pembahasan singkat mengenai panduan untuk bayi serta tips dalam menenangkan bayi yang menangis rewel yang detailnya bisa Anda lihat di Panduanbayi.com, semoga bermanfaat.

Related posts: