Tips Beternak Kambing Dan Mengenal Jenisnya

Banyak orang yang memilih untuk melakukan usaha ternak kambing karena banyak memberikan keuntungan. Ada jenis kambing yang umum dikembangkan untuk dijadikan usaha beternak yaitu kambing kacang, kambing ini merupakan kambing dengan ras unggulan dan pertama kali dibudidayakan atau dikembangkan di Negara Indonesia. adapun ciri-ciri dari kambing kacang yaitu memiliki tanduk baik kambing betina ataupun jantan, postur tubuh yang pendek, pada bagian punggung  tinggi dan pendek pada bagian lehernya. Kambing kacang memiliki variasi warna beragam ada yang merah, coklat, warna hitam semua, belang campuran putih dan hitam. Ada juga jenis kambing etawa yang merupakan kambing penghasil susu tetapi bisa juga untuk penghasil daging apalagi jika masa subur kambing ini sudah terlewati. Ciri-ciri yang dimiliki kambing ini adalah telinga yang dimiliki menggantung dan lumayan kaku., panjangnya bisa sekitar 15 sampai 30 cm. Bulunya yang tebal memiliki warna yang bervariasi antara hitam dan kecokelatan, bulunya panjang di bagian pundak dan di bagian bawah leher pada jenis kambing jantan. Sedangkan untuk yang kambing betina bulunya agak panjang di bagian bawah ekornya.

Tips Untuk Usaha Ternak Kambing Yang Menguntungkan

Setelah membicarakan tentang jenis kambing yang umum digunakan untuk beternak, sekarang ada beberapa tips untuk melakukan usaha ternak hewan kambing. Pertama adalah pilihlah bibit yang unggul, karena bibit sangat penting untuk ke depannya yang akan menentukan bagaimana hasil yang nantinya akan didapat. Untuk kambing penggemukan pilihlah bibit kambing yang berumur 8 sampai 1 bulan, badan memiliki ukuran normal, bulunya bersih serta mengkilap, garis punggung dan pinggangnya lurus, sehat tidak cacat, memiliki penglihatan mata yang tajam, tidak buta, anus dan hidungnya bersih. Tips yang kedua untuk ternak kambing adalah tentang kandang kambing, buatlah kandang yang seperti panggung agar bagian bawah bisa untuk menampung kotoran kambing dan menghindari kontak langsung tanah becek dengan kambing yang bisa mempengaruhi kesehatan kambing. Tinggi kolong kambing bisa 0.5 sampai 2 meter.

Selanjutnya adalah pakan kambing, yang biasa memakan rumput, daun hijau dan lainnya. untuk daun legume baiknya untuk dijemur dulu di bawah sinar matahari untuk menghilangkan racun. Jika ingin usaha ternak hewan kambing Anda berlimpah keuntungan bisa gunakan SOC HCS yang bisa dilihat di web programhcs.com karena ada segudang manfaat untuk membantu ternak hewan kambing dan sudah banyak testimoni keberhasilannya.

Related posts: