Tips Agar Anak Makan Sayur

Masa anak-anak adalah masa dimana pertumbuhan dan perkembangan terjadi secara maksimal. Pada masa ini anak-anak membutuhkan asupan gizi yang adekuat agar pertumbuhan dan perkembangan tubuh berjalan dengan baik. Karena, anak-anak juga termasuk kelompok yang rentan terkena penyakit. Mereka sangat aktif melakukan berbagai aktivitas bersama teman-temannya untuk memainkan banyak hal. Kondisi seperti ini sangat memungkinkan anak terpapat berbagai bakteri dan virus. Untuk mencegah hal tersebut, orang tua perlu memenuhi kebutuhan gizi anak untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Salah satu cara untuk melakukan hal tersebut adalah anak harus memperbanyak konsumsi sayur. Sayur mengandung banyak vitamin dan zat lain yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Namun, rasa sayur pada lidah anak-anak sering dianggap rasa yang asing sehingga mereka tidak mau makan sayur. Mereka cenderung lebih memilih untuk jajan ataupun mengonsumsi makanan cepat saji.

Apa Saja Tipsnya?

Membiarkan anak tidak makan sayur adalah hal yang cukup berbahaya. Anak Anda bisa kekurangan vitamin dan zat gizi lain. Selain itu, anak Anda juga berisiko mengalami gizi kurang. Sebagai orang tua, tidak ada yang menginginkan hal tersebut. Untuk meningkatkan nafsu makan sayur anak, Anda bisa melakukan hal-hal berikut:

  1. Buat resep yang menarik

Buatlah resep atau menu yang menarik perhatian anak. Misalnya Anda bisa menambahkan wortel pada bakso, buat omelet yang berisi sayur-sayuran seperti bayam, jamur dan wortel. Anda juga bisa menambahkan brokoli pada pasta yang disukai anak.

  1. Buat smoothies dan sop

Buatlah sop untuk anak ketika musim hujan. Sedangkan ketika cuaca sangat panas, Anda bisa membuat smoothies lezat dan berbagai aneka jus buah.

  1. Buat tampilan masakan yang menarik

Buatlah bentuk masakan dengan membentuk karakter kartun yang mudah lengkap dengan mata dan mulut untuk menarik perhatian anak.’

  1. Biasakan makan sayur sejak dini

Ketika anak sudah masuk ke tahapan MPASI, Anda harus pintar dalam membuat menu. Gunakan sayuran pada menu MPASI anak Anda. Hal ini menyebabkan lidah anak sudah terbiasa mengonsumsi sayur sejak dini.

 

Related posts: