Ternyata, Air Cooler Cukup Berbahaya

Air cooler merupakan salah satu jenis air yang digunakan sebagai pendingin ruangan. Air cooler merupakan air yang dapat mengeluarkan suhu dingin yang akan menyebabkan efek lembab bagi ruangan tersebut. Sehingga, ruangan yang diberikan air cooler akan terasa sejuk dan nyaman. Tidak jarang orang akan mudah tertidur jika ruangan tersebut diberikan air cooler. Air cooler juga membuat pemakainya menghemat arus listrik. Karena daya listrik yang digunakan cukup kecil. Hanya sekitar 70-100 watt. Karena pendingin ruangan yang lain terkadang membutuhkan daya yang lebih besar dan harganya pun relative lebih mahal.  Air cooler menggunakan bahan dasar air. Ada juga beberapa air cooler yang menggunakan bahan dasar es batu.

 

Air Cooler, Perhatikan hal ini sebelum membeli

 

Namun, ternyata dibalik harganya yang murah air cooler memiliki efek negatif bagi tubuh. Air cooler akan menyemburkan air secara langsung ke ruangan. Maka hal ini akan sangat berbahaya jika digunakan pada ruangan yang tertutup. Karena tidak aka nada pertukaran udara yang masuk melewati ventilasi maupun lubang udara. Padahal, air yang disemburkan pada air cooler tersebut belum tentu bersih. Pasti ada bakteri dan kotoran yang terdapat di dalamnya. Partikel-partikel debu pub dapat masuk ke air cooler karena ukurannya yang sangat kecil. Apabila terdapat nutiran debu di air cooler dan dihirup oleh manusia, maka hal tersebut akan berbahaya bagi sistem pernafasan. Karena tidak semua kotoran yang masuk dalam pernafasan bisa disaring melalui bulu hidung. Jika semakin banyak kotoran yang masuk akan mengganggu sistem pernafasan pada tubuh manusia.

 

Harga air cooler yang ditawarkan pun juga bermacam-macam. Rata-rata harga di harga.top untuk air cooler sebesar 1 juta rupiah. Air cooler dijual bebbas di pasaran. Air cooler bisa ditemukan di toko elektronik. Sekarang juga banyak online shop yang menjual air cooler dengan harga yang menggiurkan. Namun, perlu juga memperhatikan dampak-dampak menggunakan air cooler bagi tubuh kita. Agar nantinya hal-hal yang tidak diinginkan tidak akan terjadi. Apa artinya jika mendapatkan barang yang murah namun dapat membahayakan tubuh.

Related posts: