Tanah Potensial di Wilayah Batang Toru

Berbicara tentang Sumatera Utara, pastilah tidak asing jika ada yang menyebut daerah Tapanuli Selatan. Tapanuli Selatan merupakan salah satu wilayah yang terletak di Sumatera Utara. Wilayah ini memiliki kekayaan alam berupa hutan yang sangat luas dan sangat Potensial. Potensi alam yang ada di wilayah ini dimanfaatkan oleh pemerintah untuk membangun proyek PLTA di Batang Toru. Batang Toru merupakan wilayah yang terletak di Tapanuli Selatan.

Keuntungan Membangun PLTA Tapanuli Selatan

PLTA ini dibangun di wilayah hutan dan sungai batang toru yang membentang meliputi tiga kabupaten yaitu Tapanuli Utara, Tapanuli Tengah, dan Tapanuli Selatan. Pembangunan PLTA ini bertujuan untuk meningkatkan perekonomian warga masyarakat di daerah tersebut. Dengan pembangunan PLTA ini pasokan listrik di wilayah Sumatera semakin meningkat, sehingga kebutuhan listrik di berbagai daerah pun dapat tercukupi.

Jika rencana pembangunan PLTA Batang Toru ini telah selesai dibangun, dimungkinkan akan mengundang banyak investor yang akan berinvestasi di daerah ini. investasi ini akan membantu membuka lapangan pekerjaan baru, sehingga dapat mengurangi jumlah pengangguran yang ada di wilayah sekitar Batang Toru.

Kerugian Pembangunan PLTA Tapanuli Selatan.

Disisi lain, pembangunan PLTA ini juga dapat menyebabkan dampak negatif untuk kelestarian alam di sekitarnya. Daerah hutan tempat PLTA ini akan dibangun merupakan daerah lempeng yang berpotensi gempa. Warga di sekitar hutan khawatir jika PLTA ini sudah dibangun maka bencana alam seperti gempa, tanah longsor dan banjir pun dapat terjadi.

Selain bencana, pembangunan PLTA ini juga dikhawatirkan dapat merusak habitat satwa liar yang hidup di hutan. Pembangunan PLTA ini dikhawatirkan akan menimbulkan fragmentasi populasi orang utan. Fragmentasi yang terjadi dapat memisahkan populasi orang utan di blok barat dan timur serta cagar alam hutan di tapanuli selatan ini. Hal ini berakibat buruk untuk kehidupan orang utan dalam jangka waktu yang cukup panjang di masa yang akan datang. Tanahbatangtoru.org akan membantu Anda mengetahui bagaimana kelanjutan kisah pembangunan PLTA di Tapanuli Selatan ini.

Related posts: