Tahukah Kamu Jika ASI Banyak Manfaatnya?

ASI merupakan singkatan dari Air Susu Ibu. ASI ini secara eksklusif diberikan kepada sang buah hati hingga berumur 6 bulan. Tidak ada asupan yang lebih baik dari pada ASI. Banyak protein, vitamin, dan juga lemak yang dibutuhkan sang bayi. Dan semua itu ada di dalam kandungan ASI. Bentuknya pun dapat dicerna dengan mudah oleh tubuh sang buah hati. Manfaat sehat ini memberikan seribu kebaikan dan akan bermanfaat bagi sang bayi hingga dia tumbuh dewasa. Pada dasarnya, ASI ini dapat diibaratkan sebagai tameng untuk memperkuat imunitas tubuh bayi dari kecil.

Manfaat ASI Bagi Bayi

Walaupun saat ini telah banyak beredar susu formula yang kandungan gizinya hampir sama dengan ASI, banyak orang yang tetap memilih menggunakan ASI saja dalam pemberian asupan kepada sang bayi. Mengapa?

  1. Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh Bayi

Air Susu Ibu mengandung zat antibodi yang dapat membantu bayi melawan segala bentuk bakteri dan juga virus. Dengan pemberian ASI secara eksklusif, dapat menurunkan risiko bayi terkena saluran infeksi, diabetes, konstipasi, dan juga meningitis. Hal ini dapat memberikan manfaat sehat kepada bayi tersebut.

  1. Memberikan Segala Zat Yang Dibutuhkan Bayi

Kandungan yang dimiliki ASI tidak ada duanya dan bukan apa-apa jika dibandingkan dengan susu formula. Kandungan yang dimiliki seperti Omega 6. Laktosa, Protein, Vitamin A, Zat Besi, dan zat lainnya yang semuanya sudah tertakar dan dikemas dalam komposisi yang pas untuk bayi dalam ASI. Oleh karena itu ASI sangat unggul dalam hal ini.

  1. Sarana Mendekatkan Ibu Dengan Sang Buah Hati

Dengan menyusui langsung sang buah hati, sebagai ibu, kalian pasti akan sering berinteraksi secara langsung. Dan hal ini secara tidak langsung dapat memperkuat hubungan sang bayi dengan sang ibu.

  1. ASI Lebih Higienis

Manfaat sehat yag diberikan kepada bayi berdampak pada pertumbuhannya. Sebagus apapun susu formula, ASI tetap menjadi pilihan utama. ASI diberikan secara eksklusif dan tanpa perantara, sedangkan susu formula sudah mengalami berbagai proses dan belum tentu terjamin kehigienisannya, tidak seperti ASI.

Related posts: