Tahapan Fabrikasi Baja

Baja merupakan logam paduan dan juga logam besi yang merupakan unsur dasar dengan macam-macam elemen yang lain seperti karbon. Baja tentunya ada namanya Fabrikasi baja yang merupakan suatu pekerjaan yang menggunakan komponen baja sebagai bahan dasarnya.  Fabrikasi sendiri ada banyak juga jenis beserta macamnya, seperti ada fabrikasi logam, fabrikasi senyawa ester dan masih ada yang lain.

Fabrikasi sendiri memiliki pengertian yaitu proses pembuatan suatu produk. Dalam melakukan fabrikasi baja, sangat memungkinkan adanya suatu proses dan tahapan. Dalam fabrikasi ini juga melibatkan beberapa tahapan diantaranya yaitu :

1. Marking

Ini merupakan tahapan awal dari fabrikasi, yang mana dilakukan dengan cara pemindahan gambar dari shop drawing dengan skala 1:1

2. Cutting

Ketika proses pemindahan gambar selesai, lalu tahap berikutnya yaitu pemotongan material yang sesuai dengan shop drawning.

3. Drilling

Ini adalah proses pembuatan lubang, dimana lubang itu nantinya akan menjadi tempat baut. Dalam pembuatan lubang ini harus sesuai dengan shop drawning.

4. Fitting Atau Assembly

Tahap ini untuk menyatukan bahan bahan pada proses pemotongan. Tahap ini dilakukan dengan tack weld yang kemudian dilakukan pengecekan ukuran atau pun dimensi.

5. Welding

Ketika si material sudah sesuai dengan shop drawning, kemudian akan dilakukan pengelasan

6. Finishing

Pada tahap ini akan dilakukan proses pembersihan. Pembersihan yang dilakukan yaitu seperti bekas bekas pada pemotongan, ataupun membersihkan sisa sisa pengelasan. Pada proses finishing lebih baik dilakukan sebelum pengecatan.

7. Pengecatan

Ketika material sudah mengalami proses pengecatan maka selanjutnya dilakukan proses pelapisan anti karat dan juga keropos.

Memang dalam proses fabrikasi sangat lah banyak metode atau langkah langkah yang di butuhkan. Namun, ini akan membuat hasil akhir proses fabrikasi menjadi lebih baik. Pada fabrikasi baja, memang sangat dibutuhkan proses pelapisan anti karat dan juga keropos. Ini akan sangat melindungi dari si baja ini dan juga akan membuat material dari baja ini akan sangat awet dan juga akan bertahan lama. Untuk info lebih lanjut silahkan kunjungi https://barokahindosteel.com.

Related posts: