Simak Fungsi dari Surat Elektronik (Email)

Email atau electronic mail merupakan fasilitas penyedia layanan pengiriman surat dalam bentuk digital bukan dalam bentuk nyata. Hampir sebagian besar masyarakat sudah banyak memanfaatkan fasilitas ini untuk berkirim surat. Terlihat dari banyaknya tips-tips dan cara membuat email yang tersebar di internet. Sebelum teknologi pengiriman email melalui internet berkembang, masyarakat dahulu berkirim surat melalui burung erpati dan memanfaatkan jasa pak pos untuk mengirim surat. Pengiriman surat model tradisional, jarak menjadi faktor utama cepat atau lambatnya surat tersampaikan. Untuk jarak yang jauh, pengiriman surat membutuhkan waktu yang tak sebentar untuk sampai di tempat tujuan. Namun, berkat perkembangan teknologi yang semakin canggih, berkirim surat dapat dilakukan dalam waktu yang sangat singkat, tak peduli sejauh apa jarak antara pengirim dan penerima surat, selama ada koneksi internet.

Fungsi Email

Sebelum mengetahui bagaimana cara membuat email, ada baiknya untuk mengetahui apa saja fungsi dari email itu sendiri.

  1. Media komunikasi

Seperti hakikat fungsi surat pada umumnya, surat elektronik ini juga merupakan media yang dapat memudahkan kita untuk melakukan komunikasi. Kita dapat mengirim dan menerima pesan dari orang-orang dari seluruh penjuru dunia. Jarak bukan lagi batasan seseorang untuk berkirim surat.

  1. Dapat mengirim dan menerima file

Selain dapat digunakan untuk mengirim dan menerima pesan, surat elektronik ini juga dilengkapi dengan pilihan memilih file. Kita dapat menerima dan mengirim berbagai bentuk file, dari bentuk dokumen, pdf, foto, bahkan video. Dengan adanya surat elektronik ini, komunikasi menjadi tidak terbatas hanya dengan berkirim kata-kata.

  1. Syarat mendaftar media sosial lain

Ketika kita ingin mendaftar pada media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram, dan WhatsApp  biasanya akan ditanyakan alamat email pada pengisian form pendaftaran. Hal ini dikarenakan untuk memudahkan para pengguna ketika ada pemberitahuan pada akun sosial media anda. Pemberitahuan akan dikirim melalui akun email anda.

  1. Media promosi

Selain dijadikan sebagai media komunikasi, email juga dapat digunakan untuk mempromosikan bisnis, event, dan lain sebagainya kepada para pengguna email.

Setelah anda mengetahui apa saja kegunaan email, anda dapat mencari cara membuat email dengan mudah di internet.

Related posts: