Sehat Pasca Melahirkan Yang Harus Ibu Lakukan

Anak adalah sumber kebahagiaan. Buah hati yang selalu didambakan dan ditunggu-tunggu kehadirannya selama 9 bulan di perut ibu. Jabang bayi selalu dirawat dan dijaga kesehatannya dengan asupan makanan bergizi dan vitamin-vitamin rujukan dokter kandungan. Sang ibu pun selalu diwanti-wanti untuk selalu menjaga kesehatan badan dan kesehatan emosinya. Karena kondisi ibu saat mengandung sangat mempengaruhi kesehatan jabang bayi yang nantinya lahir. Untuk itulah selama mengandung, sang ibu memerlukan perhatian khusus dari keluarga agar sang bayi pun terjaga kondisinya. Tapi apakah kemudian setelah melahirkan nanti, si ibu akan tetap memperhatikan kesehatannya? Inilah yang sering terjadi pada ibu-ibu pasca melahirkan.

Mempertahankan Kesehatan Badan Pasca Melahirkan

Jangan abaikan tubuh walaupun tugas mengandung sudah dilaksanakan dengan sepenuhnya selama 9 bulan ke belakang. Karena tugas seorang ibu semakin berat pasca melahirkan. Ia harus menjaga dan merawat sang bayi dengan memastikannya mendapat asupan yang dibutuhkannya. Dan asupan yang paling utama yang harus didapatkan bayi adalah air susu ibu.

Sang ibu harus mulai bisa menjaga kondisi tubuh dan mentalnya agar dapat melalui proses menyusui dengan sempurna. Air susu yang dihasilkan sangat berpengaruh dari pola makan dan istirahat si ibu. Dengan mengonsumsi makanan bergizi dan yang disarankan praktisi kesehatan, diharapkan kualitas air susu yang dihasilkan memenuhi kebutuhan sang bayi.

Masa menyusui tiap ibu berbeda-beda sesuai kondisi tubuh ibu itu sendiri. Ada yang mampu menyusui bayinya hingga dua tahun, ada yang satu tahun, bahkan ada ibu yang hanya menyusui buah hatinya selama enam bulan saja karena berbagai alasan kondisi. Untuk itulah ibu harus bisa semaksimal mungkin menjaga kesehatan tubuhnya agar hal ini tidak sampai terjadi. Karena air susu itu adalah nutrisi alami yang hanya didapat bayi melalui air susu ibunya.

Mulailah dengan minta bantuan keluarga sekali lagi untuk membantu mencukupi kebutuhan-kebutuhan sang ibu saat pasca melahirkan. Karena dukungan keluarga lebih utama yang dibutuhkan sang ibu untuk menjaga kondisinya saat masa menyusui.    

Related posts: