Segala Amal itu Tergantung Niatnya

Tahajud adalah ibadah sunnah yang memiliki keutamaan yang sangat tinggi. Banyak orang yang beranggapan bahwa ibadah ini juga banyak memberikan manfaat. Misalnya adalah agar menjaga malam kita dengan mendekatkan diri kepada ALLAH. ALLAH juga akan menjanjikan kepada umatnya yang rajin mengerjakan sholat Tahajud tiap malam agar terhindar dari perbuatan dosa dan juga penyakit. Maka sangat penting untuk mengerjakannya dengan niat sholat Tahajud yang benar.

Kita diajarkan bahwa segala amal perbuatan kita itu tergantung dari niatnya. Segala perbuatan yang kecil dan ringan juga akan bernilai ibadah jika kita melakukannya untuk kebaikan dan meniatkannya karena ALLAH. Ini merupakan hal yang perlu dilatih sejak dini, karena ini adalah masalah hati, dan tidak semua orang memiliki anugerah berupa hidayah semacam itu.

Perbaiki Niat Kita agar ALLAH Meridhoi

Sama halnya dengan ibadah sunnah. ALLAH memang menjanjikan banyak pahala dan kebaikan bagi siapa pun yang menjaga sholat Tahajudnya setiap malam. Misalnya, seperti dihindarkan dari penyakit, diampuni dosa dan juga dicegah dari perbuatan dosa, dan masih banyak keutamaan lainnya. Akan tetapi akan percuma jika kita tak niat sholat Tahajud semata-mata untuk ALLAH ta’ala. Keutamaan tersebut mungkin tak kita dapatkan secara maksimal.

Tentu saja ALLAH akan memberikan kredit untuk usaha kita yang telah bersusah payah bangun tengah malam untuk menghadap sang Ilahi. Akan tetapi untuk memiliki niat dan juga keikhlasan dalam melaksanakannya adalah hal yang tidak mudah. Marilah kita sejenak merenung dan menilai hati kita masing-masing.

Ternyata banyak dari kita yang mengerjakan sholat malam dengan harapan-harapan lain yang duniawi. Kita perlu memperbaiki niat sholat Tahajud kita. Perbanyak bermunajat kepada ALLAH agar kita tahu apa arti sebenarnya dari mengerjakan ibadah kepada dan karena ALLAH. Kita sering kali memaksakan doa kita cepat dikabulkan dan justru lupa bahwa kita adalah hamba ALLAH. Maka dari itu banyak di antara kita yang mengerjakan ibadah seharian atau bahkan hingga semalam suntuk akan tetapi kita tidak mendapatkan apa-apa. Bahkan banyak yang malah membanggakan ibadahnya. Semoga kita terhindar dari penyakit hati yang semacam itu.

Related posts: