Retinol Dan Fakta Penting Tentangnya

Wajah memerlukan banyak asupan nutrisi dan kandungan berharga agar tetap sehat dan cantik. Salah satu kandungan di dalam skincare ataupun produk perawatan kecantikan yang sering ditemukan adalah retinol. Retinol merupakan senyawa turunan dari vitamin A yang dapat diserap langsung oleh kulit. Kandungan retinol menjadi sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit karena dapat berperan sebagai anti aging. Seperti yang kita ketahui bersama bahwa anti-aging merupakan senyawa yang dapat memperlambat penuaan dini pada kulit wajah. Selain itu, retinol juga mengandung anti-oksidan yang dapat digunakan untuk menangkal pancaran sinar UV yang berbahaya bagi kulit.

Fakta Mengenai Retinol

  • Anti Aging

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa retinol dapat berperan sebagai anti aging yang dapat menghambat proses penuaan dini. Cahaya matahari yang mengandung UV lebih tinggi saat ini memang sang berbahaya untuk kulit, terutama kulit wajah. Hal tersebut dikarenakan kulitakan lebih mudah terpapar sinar UV yang berbahaya. Terlebih lagi bagi wanita dewasa yang kemampuan kulit dalam regenerasi semakin menurun. Retinol ini sangat baik untuk meregenerasi kulit wajah sehingga terlindungi dari paparan sinar UV.

  • Reaksi kulit menggunakan retinol

Setiap kandungan yang ada di dalam skincare biasanya akan menimbulkan beberapa reaksi khusus ketika pertama pemakaian. Begitu pula yang terjadi ketika menggunakan retinol pertama kali. Reaksi yang ditunjukkan kulit biasanya berupa kulit kering hingga mengelupas dan kemerahan. Hal tersebut terjadi karena kulit sedang mengalami penyesuaian dengan senyawa baru yang masuk.

  • Waktu untuk bekerja

Produk skincare yang langsung menunjukkan reaksi pada pemakaian pertama harus kita waspadai. Bisa jadi produk skincare tersebut menggunakan senyawa berbahaya sehingga reaksi yang ditimbulkan terlalu cepat. Untuk kandungan retinol sendiri membutuhkan waktu sekitar 8 hingga 12 minggu untuk melihat hasilnya. Bahkan, untuk hasil yang signifikan membutuhkan waktu lebih dari itu.

  • Lengkapi kandungan lainnya

Retinol bukan satu-satunya kandungan yang dibutuhkan oleh kulit sehingga kita tidak dapat mengabaikan kandungan lain yang sama pentingnya. Retinol mungkin merupakan salah satu kandungan yang sangat penting untuk kulit, namun kulit juga membutuhkan kandungan lain seperti vitamin E, vitamin C, dan mineral.

Related posts: