Resep MPASI Bayi Umur 6 Bulan

Memberikan nutrisi terbaik kepada bayi menjadi hal wajib yang harus dilakukan oleh orang tua. Bagi seorang ibu, memberikan ASI sampai usia 2 tahun menjadi hal yang wajib dilakukan. Akan tetapi, bayi di bawah 2 tahun juga boleh diberikan nutrisi tambahan dari luar. Makanan pendamping ASI atau MPASI dapat dijadikan sebagai sumber nutrisi tambahan selain nutrisi dari ASI. Bayi yang sudah memasuki usia 6 bulan boleh diberikan MPASI seperti buah, sayur, atau bahan lainnya yang diolah menjadi bubur. Resep MPASI 6 bulan sayuran dapat digunakan untuk menambah nutrisi anak mengingat sayuran mengandung banyak vitamin, mineral, dan nutrisi lainnya.

Resep MPASI dari Sayuran untuk Bayi umur 6 Bulan

Berikut ini beberapa resep MPASI 6 bulan sayuran yang dapat Anda coba sendiri di rumah:

  • MPASI dari wortel

Sampai saat ini, wortel dikenal sebagai sumber vitamin A yang baik untuk mata. Anda dapat memberikan bubur wortel kepada bayi Anda. Caranya pun cukup mudah, Anda hanya perlu merebus atau kukus wortel yang telah dibersihkan kemudian dihaluskan dengan menggunakan blender. Anda dapat menambahkan ASI pada bubur untuk meningkatkan nafsu makan sang bayi.

  • MPASI dari kacang panjang

Kacang panjang mengandung vitamin B dan juga serat yang baik untuk pencernaan. Cara membuatnya pun hampir sama dengan membuat MPASI dari wortel. Anda hanya perlu menghaluskan kacang panjang yang telah direbus sampai halus agar mudah dicerna si bayi.  ASI dapat Anda tambahkan untuk meningkatkan nafsu makannya.

  • MPASI dari brokoli

Brokoli dikenal sebagai salah satu sumber nutrisi yang baik bagi tubuh. Sayangnya, rasa brokoli tidak disukai oleh banyak anak-anak. Akan tetapi Anda dapat mencoba memberikan kepada bayi dengan mengubah brokoli menjadi bubur. Kemudian Anda dapat menambahkan ASI untuk menyamarkan rasanya. Jika brokoli sulit diperoleh, maka Anda dapat menggantinya dengan sawi dan bayam.

Demikian merupakan beberapa resep MPASI 6 bulan sayuran yang dapat Anda coba sendiri di rumah.

Related posts: