Ragam Desain Hias Pada Batik Indonesia

kemeja batik

kemeja batik

Hiasan atau ornamen pada kemeja batik Indonesia memang sangat beragam dan sesuai dengan daerahnya masing-masing. Sebab setiap daerah memiliki ciri khas dalam membuat hiasan pada batiknya. Beberapa hiasan pada batik ada yang sudah menjadi pakemnya dan yang memang kreasi dari pengrajinnya itu sendiri. di Indonesia terdapat 4 jenis hiasan yang banyak digunakan yaitu geometris, figuratif, flora dan fauna. Untuk geometris terdiri dari ceplokan yaitu motif berupa bulatan dan disusun secara berulang seperti ceplok cakra kusuma, nogosan, truntum dan supit urang. Kemudian motif kawung, pilin, tumpal, swastika dan meander. Hiasan figuratif biasanya berupa motif manusia dan yang khas adalah hiasan dari Indonesia timur sana.

Berbagai Motif Hiasan Kemeja Batik Indonesia Dari Pulau Sumatra

Hiasan kemeja batik Indonesia dari Aceh lebih didominasi oleh unsur alam dan warna yang menjadi ciri khasnya adalah merah, hijau, kuning dan yang lainnya yang merupakan perpaduan warna-warna berani. Motif yang terkenal adalah motif pintu Aceh, bungong jeumpa, pucok reubong, awan meucanek dan motif lainnya. Batik Sumatra utara yang lebih dikenal dengan ulos ini memiliki ciri pola hari hara sundung dari batak toba, kemudian panipatunda dari Simalungun dan sebagainya. untuk motif Sumatra Barat yang sering digunakan adalah tumbuhan merambat atau motif akar dengan daun keluk pakis, pucuk rebung dan motif yang lainnya.

Bengkulu memiliki motif khasnya yaitu kaligrafi dan Ka Ga Nga yang berasal dari masyarakat asli Rejang Lebong. Kemudian ada juga motif bunga raflesia yang terkenal tersebut. Terdapat pula motif batik dari Riau dengan motif terkenalnya adalah batik motif Selereng dan tabir. Motif kepulauan Riau yang disebut dengan batik gonggong atau sejenis hewan laut mirip siput yang banyak di dalam perairan kepri. Batik Jambi lebih condong dalam bentuk selendang, sarung dan jubah longgar dengan motif yang khas diambil dari alam seperti tumbuhan, hewan atau motif kapal sanggat, durian pecah, burung kuau, tampok manggi dan merak ngeram. Dan dalam situs kemejabatik128.com terdapat pula batik Lampung serta Sumatra Selatan yang khas dengan motif bunga teh.

Related posts: