Persiapan Sebelum Daftar Lowongan Kerja

Lowongan Kerja

Lowongan KerjaBagi para fresh graduate, ataupun semua orang yang masih belum mendapatkan pekerjaan tetap tentu ingin mendapatkan pekerjaan yang layak dan dapat diandalkan sebagai tumpuan hidup. Namun terkadang, minimnya lowongan kerja yang ada menjadi hambatan yang serius. Pada era 2017 seperti sekarang ini contohnya, jumlah yang lulus dari universitas di seantero Indonesia sangatlah banyak, namun jumlah lowongan pekerjaan yang ada tidak sebanyak itu, alias timpang. Fenomena seperti ini tentunya membuat para job seeker sulit untuk mendapatkan pekerjaan. Selain itu, persaingan untuk mendapatkan pekerjaan juga semakin panas karena adanya ketimpangan tersebut. Maka dari itu, bagi Anda yang merasa ingin mendapatkan pekerjaan yang layak sebagai tumpuan hidup, Anda harus mempersiapkan segala hal sebelum mendaftar lowongan kerja yang Anda inginkan.

Persiapan Dokumen dan Persiapan Mental untuk Daftar Lowongan Kerja

Sebelum masuk ke tips yang paling penting, Anda sebagai job seeker harus mempersiapkan beberapa dokumen dokumen penting yang memang harus dipersiapkan sebelum mendaftar kerja. Beberapa dokumen-dokumen tersebut adalah ijazah, surat lamaran, legalisir ijazah dan akta kelahiran, KTP, SKCK dan sertifikat-sertifikat penghargaan yang Anda raih ketika Anda menempuh masa studi. Persiapkan segala dokumen tersebut dengan baik, tata dengan rapi terutama pada dokumen CV. Sebelum mendaftar pada lowongan kerja yang Anda inginkan, Anda harus membuat Curriculum Vitae yang menarik, singkat dan padat. CV harus menggambarkan diri Anda sebagai pekerja yang tangguh dan pantang menyerah, serta dapat berkoordinasi  bersama rekan kerja dengan baik.

Setelah dokumen dokumen tersebut dipersiapkan. Anda harus sadar diri bahwa persaingan kerja yang ketat akan membutuhkan Anda untuk bekerja lebih keras dan lebih giat. Maka dari itu, hal terpenting yang harus Anda persiapkan adalah mental, pengalaman, pengetahuan dan fisik, serta attitude yang baik. Pastikan bahwa Anda mempunya satu hal yang bisa dibanggakan dari Anda, misalnya Anda kuat fisiknya, atau mungkin Anda lebih pandai dalam berbicara/menggaet orang yang mana skill ini sangat berguna untuk marketing produk. Intinya, pastikan Anda mempunyai skill yang bisa menjadi nilai lebih Anda dibandingkan dengan para pelamar kerjaan yang lain.  Itulah beberapa tips untuk para job seeker yang tengah mencari lowongan kerja. Semoga sukses!

Related posts: