Penyebab Terjadinya Kanker Payudara

Kanker bisa terjadi pada siapa saja. Sedangkan untuk wanita, kanker payudara sangatlah diwaspadai. Banyak sekali kematian yang disebabkan oleh hal ini. Dan nyatanya kanker ini terjadi karena sel-sel yang ada di payudara berkembang dan tumbuh dengan tidak normal serta tak terkendalikan. Mutasi sel yang terjadi dengan begitu cepat membentuk kumpulan seperti benjolan. Selanjutnya menyebar pada organ yang lainnya atau ke kelenjar getah bening.

Mengapa Kanker Payudara Bisa Terjadi?

Pada dasarnya, belum diketahui mengenai penyebab sel tersebut bisa menjadi sel mematikan seperti kanker. Namun diduga hal ini terjadi karena adanya interaksi antara faktor eksternal seperti gaya hidup, makanan, lingkungan, dengan faktor internal, yakni genetik. Hal ini menyebabkan sel menjadi tidak normal dan kemudian tumbuh tak terkendalikan. Ada banyak kemungkinan hal yang bisa menyebabkan risiko kanker ini bisa menjadi semakin tinggi. Penderita kanker di satu payudara berisiko menyerang payudara yang lainnya.

Adapun faktor lainnya yang mampu meningkatkan adanya risiko kanker pada payudara adalah sebagai berikut. Usia sangatlah mempengaruhi, dimana risiko akan semakin meningkat jika usia semakin bertambah. Risiko kanker payudara pada perempuan tentunya jauh lebih  besar dibandingkan lelaki, sehingga faktor jenis kelamin sangatlah menentukan. Massa tubuh juga perlu diperhatikan, karena orang yang mengalami obesitas atau kelebihan berat badan yang terlalu banyak menimbulkan kanker pada payudara mudah menyerang. Paparan radiasi pun begitu mempengaruhi, dimana orang yang pernah melakukan radioterapi sangat rentan terhadap kanker.

Perlu diketahui bahwa wanita yang belum pernah hamil justru tingkat risikonya tinggi dibandingkan dengan wanita yang sudah pernah melahirkan dan menyusui. Namun melahirkan pun usahakan jangan di usia yang terlalu tua. Perlu diketahui bahwa melahirkan pada usia tua sangatlah berbahaya, karena bisa berisiko kanker sangat tinggi. Batasi dalam mengonsumsi alkohol. Karena alkohol ini juga mempengaruhi terjadinya kanker. Wanita yang telat dalam menopause dan terlalu awal menstruasi akan lebih mudah diserang sel-sel kanker.

Tidak sebatas itu, karena faktor dari keluarga juga mempengaruhi. Dimana jika ada anggota keluarga yang terjangkit kanker payudara maka hal ini berkemungkinan untuk terjadi pada yang lain. Karena sel-sel yang ada itu pada dasarnya diturunkan ke anaknya dan tidak bisa dipungkiri bahwa anggota keluarga bisa berisiko untuk terkena kanker ini.

Related posts: