Pentingnya Penyuluhan Perikanan

Mengapa penyuluh perikanan sangat diperlukan oleh berbagai nelayan dan masyarakat di Indonesia? Arti umum dari penyuluhan adalah suatu ilmu sosial dimana ilmu itu mempelajari proses dan sistem perubahan pada suatu individu atau masyarakat. Dengan adanya penyuluhan ini maka diharapkan individu atau masyarakat tersebut akan melakukan suatu perubahan yang baik dan juga bermanfaat.

Karena itulah penyuluhan di bidang perikanan ini merupakan suatu ilmu dan proses pembelajaran bagi mereka yang terkait dengan dunia perikanan seperti nelayan ataupun orang yang menjual ikan. Dengan adanya penyuluhan ini, maka orang-orang yang terlibat itu pun akan tahu, mampu, dan mau menolong serta mewujudkan suatu perubahan yang baik di dunia perikanan Indonesia.

Apa Tujuan Dari Penyuluh Perikanan?

Tujuan dari penyuluh perikanan ini cukup banyak, diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Mengembangkan serta memperkuat bidang perikanan dan kelautan. Diharapkan dengan adanya penyuluhan perikanan maka dunia perikanan dan kelautan pun semakin modern dan maju dan berkelanjutan.
  2. Penyuluhan ikan juga dapat memberikan ilmu bagi pelaku di bidang perikanan dan kelautan yang efisien, produktif, efektif, sejajar, terbuka, berwawasan luas, dan juga bertanggung jawab di bidang perikanan dan kelautan.
  3. Mengembangkan SDM juga bisa melalui penyuluhan. Karena SDM merupakan pelaku utama dalam pembangunan perikanan dan kelautan. SDM yang bagus, sejahtera, dan maju pasti bisa mendorong bidang perikanan dan kelautan semakin baik lagi.
  4. Pelaku utama dan pelaku usaha di bidang perikanan dan kelautan pun akan diberikan keadilan, perlindungan dan juga kepastian hukum dengan adanya penyuluhan ini.
  5. Tujuan yang terakhir dari penyuluhan perikanan adalah untuk memberdayakan dan menyejahterakan pelaku usaha dan pelaku utama dalam bidang perikanan dan kelautan lewat pengembangan potensi mereka. Penyuluhan juga berusaha untuk memberikan motivasi, peluang, dan fasilitas untuk orang-orang yang terlibat dalam dunia perikanan dan kelautan.

Siapa saja yang membutuhkan penyuluh perikanan? Tentu saja orang-orang yang terlibat di dunia perikanan dan kelautan ini antara lain nelayan, pengolah ikan, penjual ikan, peternak ikan, bahkan keluarga intinya pun juga terlibat. Kunjungi http://penyuluhpi.blogspot.com untuk mendapatkan penyuluhan secara gratis!

Related posts: