Pentingnya Menjaga Kesehatan Payudara Wanita

Salah satu bagian tubuh yang sangat penting bagi seorang wanita adalah payudara. Hal ini karena payudara memiliki fungsi yang sangat penting, terutama setelah kaum wanita melahirkan dan memiliki buah hati. Payudara merupakan bagian tubuh yang dapat menghasilkan kelenjar susu. Setelah melahirkan, maka setiap wanita wajib memberikan susu alami kepada buah hatinya. Namun, sering kali wanita Indonesia mengalami berbagai masalah pada payudara sehingga produksi air susu menjadi kurang maksimal. Belakangan ini, payudara juga menjadi tempat bagi tumbuhnya berbagai penyakit pada tubuh wanita. Ya, tumor dan kanker payudara merupakan penyakit yang sangat mengerikan bagi semua kaum wanita di dunia. Bahkan, saat ini kanker payudara menjadi salah satu penyakit yang paling banyak dialami oleh wanita. Oleh sebab itu, sangat penting untuk menjaga kesehatan payudara.

Inilah Cara Menjaga Kesehatan Payudara

Semua wanita tentu ingin memiliki payudara yang sehat dan terhindar dari penyakit. Oleh sebab itu, yuk lakukan beberapa cara berikut agar payudara tetap sehat:

  1. Pilih bra yang sesuai dengan ukuran payudara. Jangan sampai kita menggunakan bra dengan ukuran yang terlalu sempit. Saat menggunakan bra dengan ukuran yang terlalu kecil, maka sirkulasi darah di payudara menjadi kurang lancar. Oleh sebab itu, pastikan bahwa kita menggunakan bra dengan ukuran yang pas dan nyaman di pakai.
  2. Rajin mengonsumsi air putih. Hal ini karena air putih dapat membantu melancarkan sirkulasi darah dalam tubuh. Saat kebutuhan air tercukupi, maka sirkulasi darah dan oksigen ke bagian payudara juga akan berjalan dengan baik, sehingga payudara tetap sehat.
  3. Lakukan pemeriksaan payudara secara mandiri, yaitu dengan meraba bagian payudara menggunakan telapak tangan. Hal ini bertujuan untuk memeriksa apakah pada bagian payudara terdapat benjolan yang tidak wajar. Jika terdapat benjolan baik kecil maupun besar, maka kemungkinan hal tersebut merupakan tumor. Untuk memastikan kesehatan payudara, kita juga harus memeriksa kesehatan payudara secara rutin pada dokter.

Agar payudara tetap sehat, pastikan bahwa Anda juga menghindari minuman beralkohol serta rokok. Rokok dan alkohol merupakan dua hal yang dapat menurunkan fungsi berbagai organ dalam tubuh manusia, termasuk pada payudara wanita. Oleh karena itu, gaya hidup yang buruk tersebut sebaiknya dihindari agar kesehatan payudara tetap terjaga.

Related posts: