Penjual dan Pembeli yang Mencari Untung

Setiap orang suka jika mendapatkan keuntungan, begitu juga penjual dan pembeli. Mereka akan mencari keuntungan dengan bentuk yang berbeda. Pembeli akan mencoba mendapatkan barang berkualitas baik dengan harga yang murah, dan penjual akan mencoba mendapatkan keuntungan dari banyaknya jumlah pembeli yang menawar barang dagangannya.

Dari segi penjual, dibutuhkan strategi marketing yang baik agar barang dagangan mereka laku di pasaran dan selalu ramai pembeli setiap harinya. Misalnya dengan membuat display yang menarik, memberikan penawaran harga yang miring, memberikan potongan harga, memberikan bonus, dan lain sebagainya. Akan tetapi, semua itu akan sia-sia jika tidak dibarengi dengan kemampuan komunikasi yang baik. Maka dari itu sangat penting untuk mempelajari teknik closing, yaitu teknik berkomunikasi untuk meyakinkan pembeli.

Teknik Closing Penjualan yang Efektif

Segala teknik marketing yang disebutkan di atas adalah cara untuk menarik pembeli, dan jadi atau tidaknya pembeli membeli barang Anda, semua tergantung bagaimana Anda berkomunikasi dan meyakinkan mereka. Salah satu teknik closing yang bisa diterapkan adalah dengan memberikan kejutan yang menyenangkan bagi pelanggan. Misalnya dengan berkata, ”Khusus untuk Anda, akan kami berikan hard case dan juga tempered glass secara cuma-cuma. Tapi ini rahasia ya.” Cara tersebut justru akan membuat pelanggan menceritakan pengalamannya itu kepada orang lain, dan dagangan Anda pun ramai pembeli.

Cara lainnya adalah memberikan perbandingan dengan memberikan 3 buah penawaran, dan posisikan barang yang ingin Anda jual di nomor 2. Contoh, “Harga barang X memang mahal, tapi kualitasnya memang benar-benar bagus. Kalau produk Y harganya lebih terjangkau, dan dari segi kualitas juga lumayan tinggi, sepertinya ini yang paling cocok.  Barang Z harganya sangat murah, tapi kualitasnya rata-rata.” Teknik ini digunakan karena melihat kecenderungan pembeli yang memilih barang yang ada di pertengahan, dan cara ini cukup efektif.

Teknik selanjutnya adalah yang paling banyak digunakan, yaitu dengan cara coret harga. Cantumkan harga asli yang dijejerkan dengan harga penawaran terakhir, kemudian harga aslinya Anda coret. Biarkan para pembeli menghitung berapa banyak uang yang bisa mereka hemat dari potongan harga yang didapatkan. Itulah beberapa teknik closing yang efektif. Masih banyak teknik lain, dan bisa Anda baca di E-manajemen.com.

Related posts: