Menjawab Tantangan Membangun Smart City Indonesia

Untuk bisa membangun Smart City Indonesia membutuhkan pemikiran, tenaga dan proses yang cukup melelahkan. Namun hasil yang nantinya akan Anda lihat bisa mengobati lelah yang sudah Anda keluarkan untuk membangun smart city tersebut. Apa saja yang harus dipersiapkan, apa tantangan dan bagaimana cara menghadapinya memang harus dipersiapkan dengan baik dan benar.

Untuk membangun sebuah kota pintar keberadaan internet of thing atau IoT merupakan kebutuhan yang sangat utama. IoT sendiri terdiri dari perangkat gadget yang memadai, akses internet yang stabil serta aplikasi yang akan dipakai dalam mewujudkan kota pintar di Indonesia.

Beberapa Tantangan Wujudkan Smart City Indonesia

Menurut beberapa orang ahli tentang Smart City Indonesia ada beberapa macam tantangan yang akan dihadapi oleh kota yang akan menerapkan konsep smart city. Di antaranya adalah  dari segi anggaran biaya yang belum memadai untuk mempersiapkan berbagai kebutuhan dalam kota pintar. Khususnya jika APBD digunakan untuk belanja daerah sebanyak 80 persen maka bisa dikatakan kota tersebut belum siap untuk menjadi smart city. Anggaran dana yang hanya sebesar 20 persen belum mencukupi persiapan untuk menjadi kota pintar dengan berbagai kelengkapan digital yang dimilikinya.

Selain itu tantangan masih mahalnya beberapa peralatan digital yang dibutuhkan dalam membangun kota pintar juga menjadi kendala tersendiri. Padahal hal tersebut juga merupakan hal yang urgent untuk dipenuhi. Sebuah kota pintar juga harus mampu mengakomodasi masyarakatnya untuk bisa mengoptimalkan teknologi yang ada. Karena akan menjadi sesuatu yang mubah jika sudah disiapkan berbagai perlengkapan untuk kota pintar namun warganya belum siap untuk melakukan perubahan kehidupan.

Dan kendala atau tantangan yang terakhir adalah dimana masih banyak daerah yang belum memiliki infrastruktur pendukung IT dalam pembangunan smart city. Tentunya hal ini menjadi satu PR tersendiri untuk pemerintah pusat dan kota dimana mereka benar-benar harus mempersiapkan pembangunan smart city dengan semaksimal mungkin.

Untuk contoh penerapan smart city sendiri akan selalu diutamakan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat umum. Seperti misalnya adanya manajemen pembuangan yang akan mengatur dan mengelola limbah dan sampah dengan baik dan efisien. Kemudian ada inovasi smart lighting yang mana akan memudahkan dalam pengaturan pencahayaan di jalan raya. Kini bisa di lakukan pengecekan lampu jalan yang rusak dengan cepat serta mampu menyalakan dan mematikan lampu dari jarak jauh atau secara otomatis.

Terakhir adalah implementasi di bidang parkir kendaraan. Akan ada jenis kartu atau teknologi yang akan membantu permasalahan parkir yang ada di Indonesia khususnya di beberapa kota besar Indonesia. Demikian ulasan singkat tentang Smart City Indonesia.

Related posts: