Menjaga Kesehatan Dengan Mengonsumsi Buah

Kesehatan bisa dijaga dengan berbagai cara, salah satunya adalah dengan mengonsumsi buah-buahan secara teratur. Buah merupakan sumber vitamin alami yang terbesar dan sangat berkhasiat untuk tubuh. Vitamin dan berbagai kandungan dalam buah dapat memberikan nutrisi untuk tubuh sehingga tubuh akan terlengkapi kebutuhan nutrisinya. Ada berbagai jenis buah, baik buah lokal maupun buah impor yang tentunya memiliki kadar kandungan yang berbeda. Namun biasanya untuk vitamin yang dikandung dalam setiap buah sama, hanya saja kapasitasnya yang berbeda. Anda bisa mengonsumsi buah apapun untuk melengkapi kebutuhan vitamin dan nutrisi guna menjaga kesehatan tubuh Anda. Tidak harus buah impor yang mahal, Anda juga bisa mengonsumsi buah lokal ataupun buah yang sering dijumpai di sekitar Anda, seperti halnya pisang, apel, jeruk, dan lain sebagainya.

Kandungan Vitamin Dalam Buah Dan Manfaatnya Untuk Kesehatan Tubuh

Beberapa vitamin yang terkandung dalam buah memiliki banyak manfaat terutama dalam menjaga kesehatan tubuh. Apa saja vitamin dalam buah dan fungsinya untuk menjaga kesehatan tubuh?

  • Vitamin A

Vitamin A ini banyak dijumpai di beberapa buah seperti apel, manga, strawberry, dan tomat. Manfaat dari vitamin A sangatlah banyak, yakni bisa untuk merawat kesehatan kulit, menjaga jaringan tubuh, dan menjaga kesehatan mata.

  • Vitamin B (B1 sampai B12)

Vitamin ini bisa Anda dapatkan dengan mengonsumsi buah tomat, pisang, strawberry, apel, dan jeruk. Fungsi buah yang mengandung vitamin B ini adalah membantu meningkatkan laju reaksi metabolisme dalam tubuh. Mulai dari B1 hingga B12 harus terpenuhi karena memiliki fungsi masing-masing untuk tubuh dan dampaknya jika kekurangan vitamin ini pun berbeda-beda.

  • Vitamin C

Vitamin C sering ditemukan pada buah yang memiliki rasa asam, tetapi sebenarnya tidak bertolak pada hal tersebut. Buah pepaya, jambu, semangka, dan melon pun mengandung kadar vitamin C yang tinggi. Fungsi dari vitamin C sangatlah banyak, beberapa di antaranya adalah memperbaiki jaringan sel kulit, mencegah berbagai penyakit dan sel kanker, menurunkan risiko penyakit jantung, dan lain-lain.

  • Vitamin D

Beberapa buah yang cukup banyak mengandung vitamin D adalah jeruk, strawberry, dan tomat. Fungsi dari vitamin D ini adalah untuk mencegah rakitis, mencegah osteoporosis, mencegah serangan sel kanker, dan menjaga kekebalan tubuh.

  • Vitamin E

Vitamin E dapat dijumpai di alpukat, kiwi, mangga, paprika, pisang, dan berbagai buah yang lainnya. Fungsi dari vitamin E pada buah ini adalah untuk menjaga kesehatan kulit dan menjaga kesuburan reproduksi.

Related posts: