Mengurangi Risiko Diabetes Saat Berpuasa

Saat kita berpuasa kita akan kurang mengonsumsi beberapa makanan yang bisa menambah stamina untuk tubuh kita. Sehingga pada siang yang panas kita akan merasa lesu karena selain kurangnya asupan makanan yang berenergi kita juga akan mengalami dehidrasi. Hal ini sangat mengganggu kita saat melakukan aktivitas kita. maka dari itu, banyak memperbanyak konsumsi glukosa saat berpuasa.

Apakah Baik Banyak Mengonsumsi Glukosa Saat Berpuasa?

Sebenarnya mengonsumsi glukosa dalam jumlah yang banyak sewaktu berpuasa itu tidak baik. Karena hal ini dapat memicu timbulnya diabetes. Saat kita berpuasa kita hanya memiliki jatah untuk makan waktu pagi dan malam saja. Pada saat itu, tubuh kita tidak banyak digunakan untuk beraktivitas, sehingga glukosa yang tadinya akan diubah menjadi tenaga menumpuk dan justru membahayakan tubuh.

Bagaimana Cara Mengurangi Konsumsi Glukosa Untuk Mengurangi Risiko Diabetes?

  • Makan makanan yang manis secukupnya

Saat kita berbuka puasa kita akan banyak mengonsumsi makanan dan minuman yang manis dan mengandung banyak glukosa. Banyak yang mengonsumsi makanan dan minuman ini dalam jumlah yang tidak semestinya sehingga kandungan gula. Sehingga glukosa yang seharusnya dibakar untuk beraktivitas justru menumpuk dan menjadi parasit tubuh kita.

  • Tidak banyak makan makanan yang mengandung karbohidrat pada malam hari

Selepas kita pulang tarawih biasanya kita lapar dan makan lagi. Saat berpuasa sebaiknya kalian makan secukupnya atau bisa ngemil saja sewaktu malam. Sehingga kandungan karbohidrat yang kemudian diproses menjadi glukosa tidak menumpuk dalam jumlah yang banyak.

  • Mengonsumsi kurma

Kurma adalah buah manisan yang tumbuh di daerah tandus. Kurma banyak mengandung glukosa yang baik untuk kesehatan tubuh kita. kandungan glukosa yang ada dalam kurma baik untuk kesehatan tubuh dan porsinya cukup untuk tubuh kita,

Dan masih banyak hal yang bisa kita lakukan untuk menjaga tubuh kita agar terhindar dari diabetes. Selain beberapa cara di atas yang bisa kita lakukan kita juga harus perbanyak minum air bening untuk mencegah dehidrasi saat berpuasa. Selain itu, kita juga bisa melakukan beberapa olahraga kecil untuk menjaga agar tubuh kita agar selalu sehat.

Related posts: