Menghitung Persen Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Tidak semua orang pandai dalam matematika, bahkan bagi beberapa orang, matematika merupakan momok mematikan. Banyak sekali siswa yang memiliki nilai rendah khususnya ketika ujian matematika. Bisa saja nilai mata pelajaran lain mendapatkan nilai yang tinggi, akan tetapi nilai matematika mereka rendah. Kali ini akan dibahas salah satu hal yang berhubungan dengan matematika, yaitu cara mencari persentase. Hal tersebut merupakan salah satu hal yang perlu untuk dikuasai karena nantinya akan berhubungan dengan perdagangan.

Menghitung persen adalah hal yang cukup relevan dengan kehidupan sehari-hari. Materi ini hampir ada di semua bidang ilmu. Terlebih lagi jika kaitannya dengan perdagangan, maka hal ini bisa berpengaruh pada untung ruginya suatu usaha yang Anda miliki. Maka dari itu sangat perlu untuk mempelajari rumus-rumusnya agar lebih paham tentang materi tersebut.

Rumus Dan Cara Mencari Presentase

Matematika adalah materi pelajaran yang banyak menggunakan rumus-rumus dalam penyelesaiannya. Berbagai jenis soal, baik itu soal cerita dan juga jenis lainnya, tidak bisa lepas dari yang namanya rumus. Begitu juga dengan cara mencari persentase. Hal tersebut juga memiliki rumus yang digunakan agar bisa menemukan hasil yang sesuai.

Rumus dalam menghitung persen adalah persentase (%) = (bagian/seluruh) x 100. Penggunaan rumus tersebut memungkinkan Anda untuk menggantikan rasio atau suatu pecahan ke dalam suatu presentase. Intinya adalah, menerapkan perkalian pada pecahan atau rasio bisa dengan menggunakan angka 100 yang nantinya akan menghasilkan suatu presentase. Rumus itu bisa juga Anda pakai untuk menghitung pecahan yang berasal dari nilai presentase yang sudah kita temukan. Anda perlu belajar dengan contoh-contoh soal agar Anda bisa berlatih menerapkan rumus tersebut.

Contoh soal yang berhubungan dengan cara mencari persentase adalah sebagai berikut. Berapakah nilai 50% dari angka 100? Cara menghitungnya adalah 50/100 x 100 = 50, maka jawaban 50% dari angka 100 adalah 50. Contoh lainnya lagi adalah sebagai berikut. Sebuah botol diisi dengan air sebanyak 400 ml, kemudian ditambahkan lagi sebanyak 40 ml air ke dalamnya. Maka berapakah total presentase naiknya volume air? Kemudian cara menghitungnya adalah (40 ml/ 400 ml) x 100 = 10%. Itulah beberapa contoh menghitung persen.

Related posts: