Menghitung Indeks Berat Badan? Siapa Takut!

Memiliki tubuh yang ideal dan proporsional merupakan dambaan banyak orang demi mendukung penampilannya. Tidak heran jika banyak orang kini giat memperhatikan berat badannya apakah terlihat normal atau ideal. Tahukah Anda jika berat badan ideal dan berat badan normal itu berbeda? Berat badan yang normal adalah keadaan berat badan yang normal seperti orang-orang kebanyakan, sedangkan berat ideal dipengaruhi oleh berbagai faktor seperti jenis kelamin, usia, aktivitas, dan sebagainya. Untuk menghitung apakah berat badan Anda normal atau tidak dan ideal atau tidak ternyata ada rumus tersendiri. Rumus apakah itu? Berikut penjelasannya.

Menghitung Berat Badan Ideal dengan Rumus Broca

Untuk mengetahui apakah berat badan yang Anda miliki normal atau tidak, terdapat rumus sederhana yakni ‘tinggi badan–100’. Misalnya, jika seseorang baik laki-laki maupun perempuan memiliki tinggi badan 170cm, maka berat badan normal untuk orang itu adalah 70kg. Sederhana, bukan? Beda halnya jika Anda menghitung berat badan ideal, salah satu rumus yang digunakan adalah rumus Broca. Rumus ini diciptakan oleh ilmuwan Prancis bernama Paul Broca sekitar tahun 1897. Rumus berat badan yang ideal ini sendiri dibedakan antara pria dan wanita. Hal ini karena pria lebih banyak memiliki massa otot dibandingkan wanita. Tahukah Anda jika seseorang yang memiliki berat badan normal belum tentu memiliki berat badan yang ideal.

Rumus Broca sendiri merupakan rumus yang digunakan untuk menentukan berat badan seseorang yang ideal dan proporsional. Untuk menghitung berat badan ideal pria, Anda perlu mengetahui rumus berikut: ‘tinggi badan [(cm)–100] – [(‘tinggi badan’–100) x 10%’ sedangkan untuk wanita, Anda perlu menghitung ‘tinggi badan [(cm)–100] – (‘tinggi badan’–100) x15%’. Berat badan yang ideal didapat dengan pola hidup seimbang dan tidak melulu harus menjalankan diet ketat. Demikian ulasan tentang cara mudah mendapat badan ideal. Nah, jika Anda ingin mengetahui lebih banyak berbagai tips badan yang ideal, yuk kunjungi segera http://pengengemuk.com melalui komputer maupun smartphone Anda. Selamat mencoba!

 

Related posts: