Mendaki Gunung Penanggungan Dengan Jalur Trawas

Mendaki gunung memberikan sebuah pengalaman besar bagi seseorang. Bayangkan saja gunung yang tadinya hanya bisa dilihat dari kemauan, bisa mereka pijak. Selain itu, dari puncak gunung, seseorang akan melihat berbagai pemandangan indah. Tidak dipungkiri, beberapa orang mendaki gunung dengan tujuan untuk berfoto-foto dengan pemandangan alam.

Di Indonesia, ada banyak sekali jenis gunung dengan pemandangan yang luar biasa indahnya. Semakin hari, jumlah pendaki mengalami peningkatan dan muncul berbagai komunitas pendaki gunung terbaru. Bahkan kaum wanita saat ini juga sudah banyak yang ikut mendaki.

Bagi Anda pendaki perempuan atau pendaki pemula, jangan jadikan gunung-gunung tertinggi sebagai destinasi gunung pertama yang Anda daki. Carilah gunung-gunung dengan tingkat kesulitan rendah hingga sedang seperti Gunung Penanggungan. Informasi mengenai gunung ini dapat Anda lihat di website www.cikasur.com. Gunung ini terletak di Mojokerto, Jawa Timur.

Tips Mendaki Di Jalur Trawas

Tinggi Gunung Penanggungan hanya 1653 mdpl. Angka tersebut tergolong tidak terlalu tinggi untuk sebuah gunung. Ketika Anda mendaki Gunung Penanggungan, ada beberapa pilihan jalur yang bisa dipilih seperti jalur pendakian Trawas. Untuk mendaki jalur ini, ada beberapa tips yang bisa Anda gunakan yaitu:

  • Membawa peralatan secukupnya

Mendaki gunung bukanlah layaknya liburan di wisata-wisata lain. Anda harus mengemas barang yang perlu dibawa sehingga tidak terlalu banyak beban ketika naik ke puncak. Karena, barang-barang ini juga akan memberatkan diri Anda sendiri.

  • Persiapan fisik dan mental

Jalur Trawas pendakian Gunung Penanggungan memakan waktu sekitar 4 jam. Walaupun tergolong waktu yang pendek, Anda tetap harus mempersiapkan fisik dan mental dengan baik, karena Anda akan bermain dengan alam dimana segala kemungkinan bisa saja terjadi.

  • Perjalanan malam hari

Pendakian lebih efektif dilakukan di malam hari karena udara yang sejuk. Jika pendakian di siang hari akan membuat tubuh lebih mudah dehidrasi karena terik panas matahari.

  • Rencanakan waktu dengan baik

Segala perjalanan apapun harus memiliki perencanaan waktu yang baik, terlebih lagi ini adalah pendakian gunung.

Related posts: