Mencegah Kebutaan Mata Sejak Dini

Alat indera penglihatan manusia adalah komponen utama dalam tubuh, dengan adanya mata kita bisa melihat segala macam keindahan yang ada di dunia ini. Tentu harus adanya perawatan guna menjaga mata tetap sehat. Salah satu hal yang paling tidak disukai orang mengenai mata adalah kebutaan. Kebutaan bisa terjadi bukan hanya faktor usia melainkan bisa karena faktor genetik ataupun karena terjadinya kecelakaan. Faktor gaya hidup yang kurang sehat juga memicu penurunan pada fungsi penglihatan dan tidak jarang menyebabkan kebutaan. Untuk itu perlu adanya asupan nutrisi agar kesehatan mata tetap terjaga. Dan dengan nutrisi yang cukup fungsi penglihatan dapat berjalan dengan baik.

Makanan Sehat Untuk Mencegah Kebutaan

Untuk menjaga asupan nutrisi agar menjaga mata tetap sehat kalian bisa mengonsumsi sayuran hijau. Mengonsumsi sayuran hijau seperti bayam, kangkung, daun singkong dan lain sebagainya sangat baik untuk mata dan bisa mencegah kerusakan pada mata. Kandungan lutein dalam sayuran hijau berfungsi menutrisi makula dan retina mata agar dapat bekerja sesuai dengan fungsinya. Selanjutnya kandungan zeaxanthin berfungsi menjaga kesehatan sistem penglihatan. Konsumsi yang cukup dari asupan kedua kandungan tersebut dapat mengurangi risiko kerusakan pada mata. Kandungan tersebut juga tergolong sebagai antioksidan yang bisa mencegah sel-sel organ mata dan mencegah dari katarak. Selain itu kacang polong, brokoli, jagung, dan lobak juga mengandung dua senyawa tersebut sehingga juga bermanfaat untuk kesehatan mata.

Nah selanjutnya kalian bisa mencegah kerusakan pada mata dengan rutin mengonsumsi buah-buahan. Seperti contoh wortel, apel, jeruk, dan mangga. Buah-buahan tersebut merupakan buah yang kaya akan vitamin A, vitamin A sendiri diperlukan untuk regenerasi pigmen retina mata. Jika mata kekurangan vitamin A maka dapat menyebabkan kerusakan pada mata seperti buta senja (niktalopia), bahkan jika dalam jumlah besar dapat menyebabkan kebutaan pada mata. Hal lain yang bisa terjadi pada mata karena kurangnya vitamin A antara lain keringnya kornea mata akibat gangguan kelenjar air mata dan kerusakan total kornea mata karena gangguan keseimbangan produksi sel meibom (keratomalasia) yang pada akhirnya akan berakibat pada kebutaan.

Related posts: