Memilih Pemimpin Dengan Meneladani Sifat Rasulullah SAW

 

Kajian agama Islam kali ini akan membahas tentang satu persoalan yang akan Kita hadapi sebentar lagi. Yaitu tentang pemilihan pemimpin untuk negara Indonesia. Untuk momen tersebut bahkan sudah membuat situasi politik Indonesia memanas. Banyak sekali terjadi fitnah dan berita hoaks yang disebarkan hanya untuk menjatuhkan pihak tertentu.

Sebenarnya Kita sebagai orang Islam memiliki panduan khusus untuk memilih pemimpin dengan baik dan benar. Yaitu dengan meneladani sifat Rasulullah SAW maka diharapkan pemimpin yang memiliki sifat tersebut mampu untuk menjadi pemimpin negara yang Kita harapkan. Lalu apa saja sifat Rasulullah SAW yang  setidaknya harus dimiliki oleh calon pemimpin pilihan Kita?

Meneladani Sifat Rasulullah SAW Dalam Memilih Kriteria Pemimpin Yang Terbaik

Bisa Kita lihat di sekeliling Kita bahwa persaingan untuk menjadi seorang pemimpin ternyata cukup keras. Namun Kita akan berusaha mengurai pokok masalah sebenarnya dalam kajian agama Islam untuk kriteria pemimpin yang baik.

Sifat pemimpin yang baik pertama adalah sifat jujur. Saat ini sangat sulit mencari orang yang bisa jujur dalam perkataan dan perbuatan. Seorang pemimpin yang baik dan benar harus bisa bersikap jujur baik terhadap dirinya sendiri, kepada orang lain dan juga kepada Allah sebagai Tuhannya.

Sifat yang kedua adalah sifat amanah atau bisa dipercaya. Seorang pemimpin yang bisa bersikap amanah dengan sebaik-baiknya maka akan berusaha untuk menjalankan tugas dan kewajibannya dengan sebaik mungkin. Pemimpin adalah wakil rakyat dimana dia harus bertanggung jawab pada masyarakat juga pada Allah. Seorang pemimpin juga harus memiliki sifat tabligh atau penyampai. Dalam artian semua hal yang ada dan menjadi tanggung jawabnya harus dilaporkan secara transparan dan terbuka. Seorang pemimpin tak boleh menutupi kesalahan apalagi jika itu adalah kesalahan dirinya sendiri.

Dan sifat yang terakhir adalah sifat cerdas. Seorang pemimpin bukan saja harus pintar melakukan manajemen, namun harus pintar mengatur strategi dan dituntut untuk cepat tanggap dalam menyelesaikan permasalahan yang terjadi di dalam masyarakat. Demikian pembahasan singkat dalam kajian agama Islam tentang meneladani sifat Rasulullah SAW sebagai panduan untuk memilih pemimpin yang terbaik.

Related posts: