Memanfaatkan Ampas Teh Untuk Kecantikan Kulit Wajah

Teh merupakan minuman yang sangat sering dikonsumsi oleh masyarakat dalam berbagai macam situasi. Es teh dapat dijadikan teman yang tepat untuk menghadapi panas terik matahari, teh manis hangat dapat menjadi pasangan yang pas ketika cuaca dingin, dan ketika pikiran sangat penat, aroma teh hijau yang sangat harum dapat menjadikan pikiran kembali relaks. Tak mengherankan memang jika teh kemudian menjadi minuman favorit banyak orang, karena rasanya yang enak, aromanya yang menenangkan dan berbagai kandungan yang bermanfaat untuk kesehatan. Selain itu, teh juga bermanfaat untuk kecantikan. Jika Anda membuat teh, jangan buang ampas teh yang tersisa karena ampas teh dapat digunakan untuk menjaga kecantikan kulit wajah.

Berbagai Manfaat Ampas Teh

Teh memiliki banyak jenis, mulai dari teh hijau, teh putih, teh hitam, bahkan flavored tea. Setiap jenis teh tentu memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Salah satunya adalah bagian ampas teh yang masih banyak mengandung anti oksidan, anti bakterial bahkan anti aging. Kandungan-kandungan tersebut sangat bermanfaat untuk menjaga kecantikan kulit wajah. Beberapa manfaat ampas teh untuk kecantikan kulit wajah akan dijelaskan secara singkat di bawah.

  1. Menyembuhkan jerawat

Kandungan zat katekin pada teh hijau merupakan anti bakterial yang dapat melawan bakteri penyebab timbulnya jerawat. Kandungan anti-inflamasi pada teh hijau juga dapat mengatasi peradangan yang timbul akibat jerawat. Dengan adanya kandungan tersebut, ampas teh hijau dapat dijadikan masker yang sangat berguna untuk mengatasi masalah jerawat.

  1. Anti aging

Kandungan polifenol pada teh hijau berperan sebagai anti inflamasi, anti aging dan anti oksidan yang sangat berguna untuk mengatasi radikal bebas yang dapat menimbulkan berbagai masalah kulit seperti bintik hitam, kulit kering, kulit kusam, kulit kendur dan kerutan. Kandungan polifenol tersebut kemudian dapat dijadikan sebagai anti aging yang dapat mengatasi masalah penuaan dini akibat radikal bebas.

  1. Toner

Ampas teh jenis apapun juga dapat dijadikan sebagai pengganti toner. Ampas teh ini bermanfaat untuk mengecilkan pori-pori kulit sekaligus membersihkan sel kulit mati pada kulit wajah.

Related posts: