Makanan Yang Mengandung Vitamin Burung

Menurut pakar burung, vitamin burung sangat penting untuk menjaga kesehatan burung peliharaan. Sebaiknya vitamin untuk burung diberikan lewat memberikan pakan burung. Mengapa? Karena pakan burung jauh lebih alami dibandingkan dengan membeli vitamin untuk burung. Bahkan extra fooding pun juga dibutuhkan oleh burung agar asupan vitamin semakin terpenuhi.

Biasanya orang yang memelihara burung memberikan pakan burung secara berlebihan. Mereka berpikir bahwa dengan memberikan pakan burung yang banyak, maka kebutuhan asupan vitamin bisa terpenuhi. Namun ternyata memberikan pakan burung secara berlebihan justru akan berdampak buruk pada burung. Justru sebaiknya pakan burung yang mengandung banyak vitamin diberikan pada saat burung masih kecil. Hal ini akan membuat burung menjadi terbiasa dengan jenis pakan burung yang natural.

Vitamin Burung Yang Harus Diberikan

Pakan burung yang cocok diberikan kepada burung yang masih kecil adalah jagung, biji-bijian, dan sayur-sayuran hijau. Berikan makanan tersebut dengan porsi satu banding satu. Dengan cara inilah maka vitamin burung bisa terpenuhi lewat makanan tersebut.

Sedangkan jika burung sudah dewasa, maka pakannya pun akan berubah. Apalagi jika burung tersebut akan diikutkan lomba maka pakan burungnya akan lebih lengkap. Menu pakan burung yang sudah dewasa adalah milet merah, milet putih, biji-bijan dengan perbandingan satu banding satu.

Sedangkan extra fooding bisa diberikan karena berbagai alasan. Jika Anda ingin burung peliharaan Anda ingin mempunyai kicauan yang merdu, maka berikan burung biji bunga matahari. Biji bunga tersebut juga akan membantu meningkatkan reproduksi burung supaya cepat bertelur. Anda juga bisa memberikan kulit telur ayam dan juga tulang sotong jika burung Anda ingin terhindar dari penyakit atau lemahnya sistem imun.

Bagaimana extra fooding untuk bulu burung? Sayur-sayuran seperti wortel dan sawi bisa membantu bulu burung agar tebal dan warnanya cerah. Telur rebus sebagai extra fooding juga bisa diberikan kepada burung yang sedang mabung. Hindari cokelat, alpukat, teh, kopi, dan biji apel karena makan tersebut berbahaya. Untuk info selanjutnya tentang vitamin burung, maka kunjungi vitaminburung.com.

Related posts: