Macam-Macam Antibiotik Dasar Dan Kegunaannya Di Bidang Medis

Sebagian besar orang sudah pernah mendengar kata antibiotic, akan tetapi tidak menutup kemungkinan bahwa sebagian besar orang tersebut mengetahui arti yang sesungguhnya dari kata antibiotic. Berdasarkan kosakatanya berasal dari bahasa Yunani dari kata anti yang artinya melawan dan bios yang artinya hidup, jadi dapat disimpulkan bahwa antibiotic adalah obat yang digunakan untuk dapat menghambat pertumbuhan dari bakteri yang dapat mengakibatkan infeksi atau penyakit. Berikut ini akan kami jelaskan macam macam antibiotik beserta kegunaannya.

Beberapa Jenis Dan Macam-Macam Antibiotic Serta Kegunaannya Dalam Dunia Kesehatan

jenis dari antibiotic sangat bermacam-macam, akan tetapi antibiotic yang aman dan bisa digunakan untuk dapat membunuh bakteri pembawa penyakit hanya sedikit jumlahnya dan dapat dihitung dengan menggunakan jari. Sehingga jenis dan juga macam macam antibiotik pun diklasifikasikan dari berbagai macam, ada yang berdasarkan keamanannya ada juga yang berdasarkan dari struktur kimianya. Adapun untuk jenis dari antibiotic berdasarkan struktur kimia serta kegunaannya dalam dunia medis, diantaranya adalah sebagai berikut:

pertama, makrolida atau macrolides. Makrolida merupakan salah satu antibiotik yang menghambat pertumbuhan dari protein bakteri, sehingga pertumbuhan dari bakteri pembawa penyakit akan terganggu dan terhambat. Jenis antibiotic ini biasanya digunakan untuk mengobati pasien yang sudah sanat sensitif dengan antibiotic penisilin, selain itu makrolida digunakan untuk mengobati infeksi saluran pernafasan, infeksi saluran lambung dan juga infeksi saluran organ yang lainnya. Makrolida memiliki efek samping berupa ketidaknyamanan pada system pencernaan, mual dan juga diare.

Kedua, antibiotic sulfonamide. Dimana obat ini sangat efektif untuk dapat mengobati infeksi ginjal, akan tetapi memiliki efek yang berbahaya juga bagi ginjal. Obat ini bisa menghasilkan Kristal obat sehingga ketika terakumulasi maka akan sangat berbahaya. Untuk dapat mengantisipasinya maka perlu meminum air yang banyak agar Kristal dari obat tersebut tidak terbentuk dan juga tidak terakumulasi.

Ketiga, antibiotic fluoroquinolones, dimana antibiotic ini merupakan satu-satunya obat yang langsung menghentikan sintesis DNA pada bakteri, antibiotic ini juga dapat diberikan secara oral karena memiliki kemampuan dapat diserap tubuh dengan sangat baik. Fluoroquinolones juga merupakan antibiotic yang masih bisa dikatakan aman dan banyak digunakan untuk mengobati infeksi saluran kemih dan juga saluran pernafasan.  Akan tetapi antibiotic ini memiliki kekurangan yaitu jenis antibiotic ini diduga dapat mempengaruhi pertumbuhan tulang, oleh karena itu obat ini tidak direkomendasikan untuk wanita hamil dan juga anak-anak. Adapun efek samping yang sering timbul adalah mual, muntah, diare dan lain sebagainya.

Itulah beberapa hal terkait macam macam antibiotik berdasarkan struktur kimia dan juga kegunaannya dalam dunia kesehatan. Satu hal yang sangat penting terkait antibiotik ialah kita harus mampu menghabiskan obat tersebut sesuai anjuran dokter jangan sampai ada yang tertinggal atau tersisa. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi para pembaca, selamat mencoba !

Related posts: