Langkah Menghindari Kembung Akibat Terkena Masuk Angin

Masuk angin menjadi sebuah penyakit yang sangat umum. Sehingga ketika masuk angin tersebut menyerang, kebanyakan orang akan mengabaikannya begitu saja. Padahal jika dipikir kembali, masuk angin akan cukup mengganggu aktivitas dalam keseharian. Masuk angin menyebabkan perut terasa kembung dan akhirnya membuat orang yang mengalami perut kembung tersebut merasa malas melakukan kegiatan apapun. Perut kembung itu terjadi karena adanya gas dengan jumlah yang terlalu banyak di bagian pencernaan, pernapasan, jantung dan juga pembuluh darah. Untuk mengurangi jumlah gas tersebut ada beberapa langkah yang bisa dilakukan.

Langkah Tepat untuk Hindari Perut yang Kembung

Di langkah pertama, Anda harus menghindari makanan serta minuman yang dingin. Umumnya, masuk angin akan terjadi ketika suhu di sekitar kita mengalami perubahan, entah itu menjadi rendah ataupun tinggi. Untuk itu Anda perlu menghindari segala macam makanan dan minuman dingin agar tidak sampai terkena masuk angin. Langkah kedua, harus menjaga pola makan. Sering kali orang akan bekerja dalam keadaan perut yang kosong. Padahal hal itu akan menyebabkan gas di dalam perut jadi meningkat. Pada akhirnya rasa kembung pun akan muncul. Untuk itu Anda perlu menjaga pola makan dengan teratur yakni, pagi, siang dan juga malam. Langkah ketiga, gunakanlah jaket yang tebal ketika berkendara menggunakan sepeda motor.

Apabila setiap harinya Anda itu diharuskan bepergian menggunakan motor, maka gunakanlah jaket sebagai perlindungan. Pasalnya jika bagian dada dan perut tidak dilindungi jaket atau membiarkannya terkena angin, pasti bisa menyebabkan masuk angin. Nah untuk menyembuhkan rasa kembung karena terkena masuk angin, ada beberapa macam hal yang bisa dilakukan. Pertama, dengan mengusap perut dengan parutan bawang putih. Parutan bawang putih itu akan terasa begitu hangat di badan, sehingga sangat membantu dalam mengeluarkan gas dalam perut. Kedua, dengan bantuan bawang merah. Sama seperti bawang putih, bawang merah pun menjadikan badan hangat. Sehingga gas pun lebih mudah keluar. Kemudian cara ketiga, dengan mengonsumsi jahe. Campurkan potongan jahe ke dalam air hangat, kemudian tambahkan gula agar sedikit manis. Setelah itu Anda harus meminumnya agar badan hangat dan angin keluar.

Related posts: