Kulit Berminyak, Masihkah Membutuhkan Pelembab?

Sebagian besar dari kita pasti akan mengira bahwa untuk jenis kulit yang berminyak tidak perlu menggunakan pelembab. Padahal pelembab wajah untuk kulit berminyak tetap perlu digunakan. Memang fungsi dari pelembab di samping fungsi kesehatan adalah untuk membuat kulit Anda menjadi lembab dan terlihat segar. Sedangkan kulit wajah berminyak sudah cukup membuat kulit wajah menjadi lembab, akan tetapi ternyata anggapan ini tidak bisa dibenarkan.

Pentingnya Pelembab Untuk Kulit Berminyak

Minyak pada lapisan kulit adalah respon yang diberikan oleh kulit akibat perubahan cuaca tertentu, misalnya pada ruangan ber-AC yang cenderung kering dan sejuk, akan menyebabkan pori-pori kulit menjadi mengecil dan minyak akan keluar melindungi lapisan kulit terluar dari iritasi. Lapisan kulit terluar atau epidermis memang akan menjadi sedikit lembab dengan adanya minyak ini, akan tetapi lapisan kulit dalam atau dermis tidak demikian.

Oleh karena itu bagi Anda yang memiliki jenis kulit wajah berminyak masih harus menggunakan pelembab. Karena lapisan dalam kulit tetap membutuhkan keadaan yang lembab, dengan menggunakan pelembab wajah untuk kulit berminyak maka lapisan dermis juga akan terlindungi dan tetap sehat.

Memilih Pelembab Wajah Berminyak

Dengan keadaan yang demikian maka memilih pelembab wajah berminyak tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Karena ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar pelembab yang digunakan tidak berdampak buruk bagi kesehatan kulit dan juga kecantikan kulit. Beberapa hal yang perlu diperhatikan saat memilih pelembab wajah berminyak antara lain :

  1. Gunakan Pelembab Yang Tidak Mengandung Alkohol

Beberapa jenis pelembab menggunakan alkohol sebagai salah satu campuran bahan pelembab kulit. Untuk beberapa kulit mungkin pelembab dengan alkohol cocok untuk digunakan, akan tetapi tidak untuk kulit wajah berminyak. Alkohol yang terkandung pada pelembab justru akan memicu keluarnya minyak alami.

  1. Memakai Pelembab Bertekstur Cair

Pelembab berbahan dasar air sangat cocok untuk digunakan, karena teksturnya lebih cair. Jangan gunakan pelembab bertekstur krim karena justru akan membuat wajah Anda terlihat mengkilap. Jadi berhati-hatilah memilih pelembab wajah untuk kulit berminyak.

Related posts: