Keunggulan dan Kelemahan Kubah Enamel

Dewasa ini ada berbagai macam jenis kubah yang beredar di pasaran selain itu banyak pula perusahaan kontraktor kubah masjid yang memproduksinya. Tipe dari kubah masjid ini pun sangatlah bervariasi. Mulai dari jenis kubah enamel maupun kubah dari kerangka beton. Masing-masing dari jenis kubah ini dapat digunakan berdasarkan kesesuaian antara bangunan masjid beserta rangka kubahnya berikut fondasi yang digunakan.

Keunggulan dan Kelemahan Kubah Enamel yang Wajib Anda Ketahui

Tiap jenis kubah memiliki keunggulan dan kelemahannya masing-masing. Salah satu jenis kubah yang sering digunakan dalam pembuatan masjid adalah kubah dengan jenis enamel. Jenis tersebut sering kali digunakan karena keunggulannya dan harganya yang dinilai terjangkau. Berikut ini adalah beberapa daftar mengenai keunggulan dan kelemahan dari kubah enamel yang wajib untuk Anda ketahui:

  • Tahan lama

Salah satu keunggulan yang ditawarkan dari kubah jenis ini adalah keadaannya atau kondisinya yang stabil sehingga tahan lama. Kondisi demikian dikarenakan rangka kubah yang terbuat dari teflon atau kerangka baja. Jenis kubah yang tahan lama tentu sangat dibutuhkan apalagi penggunaannya di Indonesia yang memiliki iklim tropis sehingga sering kali terjadi perubahan cuaca yang cukup ekstrem.

  • Memiliki variasi bentuk dan motif yang beragam

Selanjutnya keunggulan dari jenis enamel adalah memiliki variasi bentuk dan motif yang sangat beragam sehingga memudahkan Anda untuk memilih jenis yang dikehendaki. Anda dapat mengonsultasikan variasi bentuk kubah yang ada dengan kesesuaian bangunan masjid yang dibangun. Bahkan pada beberapa kontraktor kubah masjid konsultasi tersebut tidaklah dipungut biaya.

  • Mahal

Selanjutnya kelemahan dari kubah jenis ini adalah biaya yang digunakan untuk pembelian dan pemasangan cukup mahal. Oleh karenanya banyak yang tidak menggunakan kubah jenis ini karena dinilai tidaklah ekonomis. Namun terlepas dari biaya, kubah jenis ini sangatlah direkomendasikan karena memiliki daya tahan dan kualitas yang sangat baik.

Demikianlah beberapa keunggulan dan kelemahan dari kubah enamel yang wajib untuk Anda ketahui. Setelah mengetahui berbagai keunggulan dan kelemahan kubah tersebut tentu Anda dapat mempertimbangkan untuk pemasangannya. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Related posts: