Kenali Gejala Penyakit Kanker Payudara

Memiliki sikap kurang peduli terhadap apa yang ada di sekitar kita bukanlah suatu hal yang baik. Terlebih lagi jika rasa kurang peduli tersebut terjadi pula pada sikap kita dalam masalah kesehatan. Sehingga sering kali kita mengabaikan berbagai macam gejala baik gejala kanker payudara yang mungkin dialami.

Periksa Sendiri Kondisi Kesehatan Payudaramu

Jika kita tidak memperhatikan hal tersebut dan mengabaikannya bisa-bisa gejala penyakit dalam stadium yang rendah karena kita abaikan menjadi stadium tinggi. Jika sudah demikian tentu saja membuat kita akan kerepotan sendiri termasuk dalam hal pengobatan nantinya. Penyakit seperti kanker payudara terlebih lagi jika sudah masuk ke stadium akhir pengobatannya akan sangat menguras tenaga dan juga emosi kalian. Maka dari itu untuk mencegah hal seperti itu terjadi ada baiknya kita mulai peduli dengan kesehatan payudara kalian.

Perhatikan Perubahan Pada Puting

Kepedulian kalian mengenai masalah ini dapat dimulai dengan memperhatikan kondisi payudara yang kalian miliki. Sebaiknya lakukan pemeriksaan sendiri atau yang disebut dengan sadari. Bagi kalian yang sedikit merasa bingung bagaimana gejala kanker payudara ini bisa kalian ketahui melalui kondisi puting kalian. Kondisi yang paling terlihat jelas yaitu terdapat ruam-ruam pada bagian di sekitar puting. Kemudian bentuk puting menjadi berubah yaitu menjadi mengeras bahkan sampai bentuknya seakan masuk ke dalam. Kemudian keluar cairan dari puting tersebut padahal kalian tidak dalam kondisi menyusui. Bahkan dalam kasus yang parah, bukan lagi cairan melainkan juga darah.

Kemudian cara lainnya untuk mengetahui gejala dari penyakit ini adalah dengan memperhatikan kondisi payudara kalian. Caranya kalian cukup bercermin kemudian posisikan badan membungkuk dan biarkan payudara kalian pada posisi menjulur ke bawah. Setelah itu perhatikan dengan seksama payudara kalian apakah terdapat benjolan maupun ruam. Kemudian setelah melakukan posisi tersebut sekitar setengah menit rasakan juga apakah ada bagian tentu yang terasa sakit ketika kalian melakukan hal tersebut.

Jika kalian merasakan gejala kanker payudara tersebut ada baiknya segera periksa lebih lanjut ke rumah sakit. Biasanya sang dokter akan melakukan berbagai pengecekan sebelum mematikan apakah itu penyakit kanker atau bukan.

Related posts: