Kelebihan Dan Kekurangan Digital Printing Textile

Masyarakat pasti sudah tidak asing lagi mendengar istilah digital printing tekstil, bukan? Apalagi untuk para pengusaha konveksi hal ini merupakan makanan yang sudah biasa untuk mereka. Dimana perlu kita ketahui bahwa digital textile print ini merupakan salah satu inovasi terbarukan atau perkembangan teknologi yang dikembangkan pada industri tekstil dalam bidang fashion. Sebelumnya, jika dalam industri tekstil lebih dikenal dengan istilah screen printing atau roll printing, beda lagi dengan sekarang kebanyakan industri tekstil menggunakan digital printing. Hal ini dikarenakan limbah cair yang dihasilkan oleh digital printing lebih sedikit dibandingkan dengan screen printing atau roll printing. Itu merupakan salah satu alasan mengapa digital printing ini banyak digunakan. Namun tidak dipungkiri bahwa digital printing yang dilengkapi dengan berbagai kecanggihan yang ada pasti memiliki kelebihan dan kekurangan.

Apa Kelebihan Dan Kekurangan Digital Printing Textile?

Digital textile print sendiri merupakan sesuatu yang dapat dicetak secara digital pada media kain atau bahan tekstil lainnya. Digital printing tekstil ini memiliki kelebihan yang cukup menarik bagi para pemilik industri tekstil. Selain tidak menghasilkan limbah cair yang banyak, digital printing tekstil juga didukung oleh sistem komputerisasi modern sehingga lebih mudah penggunaannya. Selain itu, digital printing tekstil mampu mencetak dengan jumlah yang banyak dan waktu yang lebih singkat dibandingkan dengan Screen printing atau roll printing. Kelebihan lainnya yang didapatkan bagi pemilik industri tekstil adalah dapat mencetak kain yang sangat panjang dengan motif yang bermacam-macam serta lebih efektif harga, peralatan dan waktu.

Kekurangan digital printing tekstil adalah tidak semua jenis kain dapat dijadikan sebagai media printing, sehingga ketika pengaplikasiannya perlu memilih dulu jenis kain yang akan digunakan. Kekurangan yang dapat dirasakan adalah kualitas hasil cetakan kurang sehingga tidak dapat bertahan lebih lama seperti pada sistem screen printing atau roll printing. Hal ini mungkin dikarenakan jenis tinta yang kualitasnya tidak sebaik mencetak dengan sistem screen printing atau roll printing sehingga ketika akan menggunakan sistem digital printing perlu mengetahui kelebihan dan kekurangan tinta secara spesifik.  Itulah diatas beberapa kelebihan dan kekurangan dari digital printing. Apabila Anda masih penasaran mengenai print kain atau kain print yang lainnya maka Anda dapat mencari informasi melalui kreons.com. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Related posts: