Kebiasaan Cerdik Di Waktu Hujan

Pergantian musim dari musim kemarau ke musim penghujan atau sebaliknya terkadang dapat membuat beberapa orang terserang penyakit, karena banyaknya mikroorganisme penyakit yang menyerang manusia. Penyakit seperti flu, demam berdarah dengue (DBD), diare, malaria, leptospirosis dan demam tifoid (tipes) dapat menyerang seseorang yang sering melakukan kontak secara langsung dengan orang atau benda yang terdapat kontaminasi virus. Selain itu kehujanan, terkena genangan air dan hawa dingin juga turut memicu terjadinya penyakit seperti yang disebutkan di atas. Sebenarnya semua penyakit yang mungkin menghampiri di musim hujan dapat dicegah asalkan Anda mempunyai sistem kekebalan tubuh yang kuat. Artikel berikut ini akan membahas mengenai tips untuk Anda agar tetap sehat di musim hujan.

Tips Sehat Saat Hujan

Saat musim hujan tiba biasanya banyak penyakit yang mengikuti di belakangnya. Agar terhindar dari penyakit, Anda dapat melakukan beberapa tips berikut ini yaitu pertama, Anda harus menjaga pola makan. Menjaga pola makan dapat membantu memenuhi gizi harian, dalam hal ini Anda tidak boleh sampai melupakan sarapan. Sarapan dapat dilakukan mulai dari bangun pagi sampai dengan pukul 9. Sarapan dapat memenuhi kebutuhan gizi harian seseorang sampai dengan 15-30% kebutuhan gizi. Pola makan yang baik yaitu di dalamnya terdapat nasi, sayuran, daging, minuman atau susu dan buah yang disesuaikan dengan kebutuhan tiap orang. Kedua, Anda juga harus melakukan olahraga. Dengan melakukan olahraga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Anda dapat melakukan olahraga minimal selama 30 menit untuk meningkatkan sel darah putih.

Ketiga, untuk menjaga kesehatan di musim hujan, Anda harus menjaga kualitas tidur. Dan yang terakhir Anda dapat mengelola stress dengan cara melakukan relaksasi. Anda dapat melakukan relaksasi dimana pun dan kapan pun Anda mau. Dengan melakukan relaksasi Anda akan membiarkan tubuh Anda menerima rangsangan dari luar baik berupa suara, sentuhan atau bau yang ada di sekeliling Anda. Anda juga harus mengelola emosi Anda ketika macet di jalan, dimarahi atasan atau yang lainnya. Demikian informasi mengenai cara meningkatkan sistem kekebalan tubuh di waktu musim hujan.

Related posts: