Jenis Pengobatan Medis Kanker Serviks

Penyakit kanker serviks adalah penyakit yang sudah banyak diderita oleh wanita di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Data menyebutkan bahwa Negara berkembang memiliki penderita kanker serviks lebih banyak dibandingkan dengan Negara maju. Sebagian besar wanita di Negara maju baru memeriksakan kesehatan mereka ke dokter setelah gejala kanker serviks telah timbul. Namun, setelah dilakukan pengecekan, kanker serviks sudah memasuki tahap lanjutan. Hal tersebut tentu sangat berbahaya mengingat kanker stadium lanjut sudah mulai menyebar ke jaringan tubuh lainnya.

Macam-Macam Pengobatan Kanker Serviks

Pada tahap awal atau pra-kanker memang gejala kanker serviks tidak terlalu terlihat. Bahkan di banyak kasus, penderita tidak mengalami gejala apapun pada tahap awal pertumbuhan sel kanker di serviks. Gejala yang mulai dirasakan biasanya menunjukkan bahwa kanker serviks sudah mulai menyebar ke jaringan lain terdekat dan menyebabkan kerusakan. Semakin banyak stadium pada kanker serviks, pengobatan yang dilakukan juga berbeda, disesuaikan dengan kondisi perkembangan sel kanker. Berikut beberapa macam pengobatan yang biasanya dilakukan untuk melawan kanker serviks.

  1. Operasi

Operasi dilakukan untuk melakukan pengangkatan jaringan sel kanker yang ada pada serviks. Namun, sebelum operasi dilakukan, ada beberapa pertimbangan yang harus sangat diperhatikan. Pertimbangan tersebut diantaranya lokasi sel kanker berada, dan seberapa parah sel kanker yang berkembang.  Selain itu, pertimbangan lainnya merupakan keputusan pasien apakah masih menginginkan keturunan atau tidak.

  1. Radiasi aktif

Pengobatan dengan metode radiasi aktif menggunakan sinar-X untuk menghambat pertumbuhan sel kanker, bahkan membunuh sel kanker. Pengobatan ini biasanya dilakukan pada kanker serviks stadium tertentu. Penyinaran sinar-X dengan dosis tinggi dilakukan di sekitar organ reproduksi.

  1. Kemoterapi

Kemoterapi biasanya dilakukan pada penderita kanker serviks stadium akhir. Pengobatan yang satu ini menggunakan obat-obatan kimia yang dikonsumsi atau dimasukkan ke dalam tubuh melalui infuse. Pengobatan model pada kanker serviks biasanya bukan bertujuan untuk membunuh sel kanker. Pengobatan kemoterapi dilakukan hanya untuk menghambat pertumbuhan sel kanker ganas dan mengurangi gejala kanker serviks yang timbul dan dirasakan oleh penderita.

Related posts: