Jenis-Jenis Olahraga Terbaik Saat Hamil

Ketika hamil, hampir seluruh ibu hamil akan merasa sangat malas untuk melakukan berbagai macam aktivitas. Padahal apabila kemalasan tersebut dibiarkan saja terjadi, dampak buruk untuk janin yang Anda rasakan. Apabila malas-malasan, janin yang sedang Anda kandung pasti menjadi kurang sehat. Selain itu ketika sudah waktunya persalinan, Anda akan mengalami kesulitan. Untuk itu selama masih dalam masa kehamilan, hendaknya Anda lakukan berbagai macam aktivitas yang menyehatkan.

Beberapa Macam Olahraga Bagi Ibu Hamil

Meski semua ibu hamil tidak diperbolehkan melakukan aktivitas yang terlalu berat, namun setiap harinya harus melakukan aktivitas olahraga. Dengan berolahraga maka kesehatan tubuh dan janin dalam kandungan jadi lebih terjaga. Nah beberapa contoh olahraga yang bisa dilakukan seperti, yoga. Yoga ini merupakan senam yang lebih ke pengaturan napas. Dengan rutin melakukan yoga, maka Anda jadi lebih merasa mudah ketika proses lahiran nanti. Namun ada beberapa gaya Yoga yang tak boleh dilakukan oleh wanita hamil. Untuk mengetahuinya, Anda memerlukan instruktur khusus. Olahraga kedua adalah senam hamil. Senam hamil mudah sekali dilakukan. Bahkan sekarang hanya dengan menggunakan DVD atau bantuan Youtube, Anda bisa lakukan senam hamil di rumah.

Lakukanlah senam ini setiap hari demi menguatkan otot-otot serta melenturkan anggota badan. Dengan begitu proses persalinan akan lebih mudah. Ketika senam, Anda pun harus menyediakan air putih. Sebaiknya konsumsi air putih tersebut setiap setengah jam sekali. Fungsinya agar tidak terjadi dehidrasi. Pasalnya wanita yang sedang hamil itu sangat mudah mengalami dehidrasi. Jumlah air yang dikonsumsi pun harus ditambah, dari yang 8 gelas menjadi 9 atau bahkan 10 gelas per harinya. Olahraga ketiga, dengan melakukan peregangan. Peregangan ini akan membantu Anda untuk memperoleh fleksibilitas tubuh ketika persalinan nanti. Selain itu bisa juga untuk mengurangi rasa sakit karena persalinan. Olahraga keempat adalah latihan beban. Mendengar latihan beban, jangan langsung berpikir alat-alat beban dengan berat mencapai belasan kilo. Pasalnya latihan beban yang dilakukan oleh ibu hamil itu harus ringan. Fungsinya untuk mengurangi cedera atau memperkuat otot sendi.

Related posts: