Jaga Kebersihan Hijab Untuk Menghindari Masalah Kulit

Memakai hijab adalah kewajiban bagi setiap Muslimah wanita. Hijab yang dikenakan di kepala dengan tujuan untuk menutupi aurat. Seorang wanita yang sudah mantap menggunakan hijab, tentu dia harus selalu menutup auratnya dari orang yang bukan mahromnya. Namun tahukah Anda jika hijab yang tidak dijaga kebersihannya dapat menimbulkan beberapa masalah kesehatan?

Dalam satu hari seseorang biasanya menggunakan satu hijab. Misalnya selama bekerja, Anda tentu hanya menggunakan satu hijab itu. Selama beraktivitas, hijab Anda akan terkena banyak debu dan keringat. Inilah yang membuat hijab Anda bau dan kotor.

Masalah Tidak Menjaga Kebersihan Hijab

Menggunakan hijab idealnya harus diganti setiap hari, mengingat banyaknya keringat dan debu yang menempel. Namun karena tampilan hijab yang terlihat bersih membuat seseorang kerap menggunakan satu hijab dalam beberapa hari.

Hijab yang kotor ternyata dapat menyebabkan beberapa masalah kesehatan yaitu:

  1. Gatal dan alergi kulit

Hijab yang kotor dan tidak dicuci selama berhari-hari dapat menyebabkan gatal pada kulit wajah. Untuk itu, Anda sebaiknya mengganti hijab secara rutin setiap hari.

  1. Tumbuh jerawat

Keringat dan debu yang menempel pada hijab dapat memicu timbulnya jerawat. Terlebih lagi jika jenis kulit Anda adalah kulit yang berminyak. Debu akan mudah menempel pada kulit wajah.

  1. Ketombe

Ketombean terjadi jika Anda tidak bersih ketika mencuci hijab. Sisa detergen pada hijab dapat menempel di kepala yang akhirnya menimbulkan masalah kulit kepala yaitu ketombe. Dalam jangka waktu lama, hal ini juga bisa menyebabkan rambut rontok.

  1. Rambut berminyak

Menggunakan hijab ternyata membuat suhu badan meningkat. Meningkatnya suhu badan ini membuat produksi kelenjar keringat semakin tinggi. Begitu pula produksi kelenjar keringat dan minyak di kulit kepala. Jika Anda menggunakan hijab terlalu ketat, akan membuat rambut sulit bernafas. Akibatnya kulit kepala memproduksi minyak secara berlebihan.

Melihat beberapa dampak di atas, mulai dari sekarang rutinlah untuk mengganti hijab Anda. Jika dirasa sudah kotor dan terdapat banyak keringat, segeralah ganti dengan hijab yang baru.

Related posts: