Inilah Tradisi Jawa Dalam Menyambut Kelahiran Anak

Tradisi Jawa adalah salah satu tradisi yang masih terjaga kelestariannya. Begitu banyak tradisi Jawa yang dilakukan di setiap peristiwa dalam kehidupan manusia. Dari mulai kelahiran seorang bayi hingga kematian seseorang. Tradisi Jawa ini biasanya disertai dengan tradisi di dalam Agama Islam. Lalu, apa saja tradisi Jawa yang dilakukan dalam menyambut kelahiran seorang anak? Aqiqah Bandung adalah salah satu penyedia jasa katering aqiqah.

Mengubur Plasenta Atau Ari-Ari

Plasenta atau ari-ari adalah organ yang memiliki fungsi untuk menyalurkan oksigen dan nutrisi dari calon ibu ke janin yang dikandungnya, agar janin tersebut dapat berkembang dengan baik selama di dalam kandungan. Oleh karena itu, menurut masyarakat Jawa, ari-ari ini adalah teman dekat sang bayi yang telang memiliki jasa yang sangat besar dalam perkembangan sang bayi selama dalam kandungan. Sehingga, pada saat bayi dan ari-ari dilahirkan, ari-ari tersebut akan dikubur dengan baik supaya tidak dimakan binatang ataupun membusuk.

Sepasaran

Sepasaran ini adalah salah satu tradisi Jawa dalam menyambut kelahiran bayi yang dilaksanakan pada hari kelima setelah bayi tersebut dilahirkan. Pihak orang tua sang bayi akan mengumpulkan para tetangga dan sanak saudara untuk bersama-sama memberikan doa kepada sang bayi. Biasanya dalam acara tersebut juga diumumkan nama sang bayi. Aqiqah Bandung adalah salah satu penyedia jasa katering aqiqah.

Puputan

Puputan ini adalah acara syukuran atas kelahiran sang bayi yang dilaksanakan pada saat tali usar sang bayi telah putus (puput). Dalam acara ini, orang tua si bayi berharap bahwa bayi yang telah terlepas dari tali pusarnya akan senantiasa diberikan kesehatan dan keberkahan.

Aqiqah

Aqiqah adalah bentuk rasa syukur dalam menyambut kelahiran sang bayi menurut ajaran agama Islam. Prosesi ini biasanya dilakukan pada hari ke-7, atau ke-14, atau ke-21 setelah bayi tersebut dilahirkan. Dalam acara tersebut, orang tua sang bayi akan menyembelih kambing. Untuk anak laki-laki adalah 2 ekor kambing dan anak perempuan adalah 1 ekor kambing. Selain penyembelihan kambing tersebut juga diadakan pencukuran rambut sang bayi. Selain itu juga dibacakan doa-doa dan shalawat untuk meminta keberkahan serta keselamatan kepada Allah SWT. Aqiqah Bandung adalah salah satu penyedia jasa katering aqiqah.

Related posts: