Inilah Cara Menjaga Kesehatan Organ Wanita

Kesehatan alat vital wanita sangat memerlukan perhatian khusus agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Organ kewanitaan yang bersifat lembab penyebabkan daerah ini sangat rentan terhadap segala macam bakteri, virus, maupun tempat tumbuhnya jamur. Berbagai jenis penyakit yang terjadi ada organ kewanitaan biasanya disebabkan oleh penjagaan kebersihan yang kurang.

Ada beberapa cara yang perlu diperhatikan tiap wanita untuk menjaga kesehatan organ kewanitaannya, yang pertama adalah dengan menjaga kemaluan agar tetap kering. Hal ini dapat dilakukan dengan mengganti celana dalam saat terasa basah, sehingga tidak akan memicu tumbuhnya jamur yang menyebabkan infeksi. Kedua adalah dengan membersihkan organ kewanitaan menggunakan air bersih dari arah depan ke belakang. Jika membersihkan organ kewanitaan dari belakang ke depan, maka akan memperbesar peluang menyebarnya bakteri yang terdapat di daerah dubur dan menyarang di kemaluan. Ketiga adalah ganti pembalut sesering mungkin pada saat mengalami menstruasi. Kesalahan yang sering dilakukan wanita adalah menunggu pembalut penuh untuk diganti. Padahal, sebuah pembalut yang digunakan dalam waktu lama bisa menjadi tempat yang subur untuk tumbuhnya bakteri yang dapat masuk ke dalam organ kewanitaan. Dari maka itu, disarankan untuk mengganti pembalut paling tidak 3-4 jam sekali. Tips selanjutnya adalah biasakan mencuci organ kewanitaan menggunakan sabun khusus. Hal ini karena tingkat keasaman dalam sabun mandi biasa dan sabun khusus kemaluan berbeda. Sifat organ wanita adalah asam, dan asam ini berfungsi untuk membantu menyerang bakteri maupun jamur. Bila menggunakan sabun biasa, maka bisa menetralkan sifat asam pada organ kewanitaan dan melemahkan kemampuan organ kewanitaan untuk melawan bakteri yang seharusnya bisa dibunuh dengan sifat asam yang dimiliki.

Penjagaan yang tepat bisa membuat organ kewanitaan sehat dan terhindar dari segala macam penyakit, baik penyakit yang disebabkan oleh bakteri, virus, maupun jamur. Kuncinya adalah terletak pada cara menjaga kebersihan dan juga menjaga keringnya organ intim. Pencegahan lebih baik dari pada mengobati, begitu pula untuk kesehatan kelamin wanita.

Related posts: