Ibukota Indonesia Punya Beragam Lagu Daerah

Apa yang ada pikirkan jika mendengar kata Monas, Ondel-ondel dan Ketoprak? Saya yakin Anda akan mengeluarkan satu kata yaitu Jakarta. Jakarta adalah pusat kota atau ibukota Indonesia. Namanya saja ibukota, tentunya kota ini menjadi pusat atau central negara. Hampir semua kebutuhan terdapat pada kota ini. Walaupun statusnya sebagai ibukota negara, Jakarta juga memiliki kebudayaan sendiri seperti daerah lain di Indonesia. Salah satu yang menjadi ciri khas Jakarta adalah bahasa Betawi. Lagu daerah Betawi juga cukup terkenal di Indonesia. Kata apa jika menggunakan bahasa Betawi akan berubah menjadi ape. Itulah salah satu ciri khasnya. Kumpulan lagu daerah Jakarta mungkin akan lebih sering Anda dengar pada pementasan-pementasan adat Betawi.

Apa Saja Lagi Daerah Jakarta?

Lagu daerah Betawi saat ini masih terjaga kelestariannya. Ikon abang none juga seiring dengan lagu daerah ini dinyanyikan. Ada beberapa jenis lagu daerah Jakarta. Berikut ini adalah kumpulan lagu daerah Jakarta:

  1. Abang Pulang

Lagu ini menceritakan tentang seorang suami yang baru pulang dari perantauan setelah mencari nafkah. Sang istri sudah tidak sabar untuk membuka oleh-oleh. Namun, ternyata sang suami hanya membawa sepatu buntut.

  1. Cik Abang

Lirik lagu ini berupa pantun yang berpesan agar tidak melupakan kawan lama jika sudah mendapat teman baru.

  1. Dayung Sampan
  2. Hujan Gerimis

Lagu ini menceritakan tentang seseorang yang baru putus dari kekasih dan memberikan pesan untuk jangan menangis, karena akan diganti dengan jodoh yang lebih baik.

  1. Jali-Jali

Lagu ini berisi lirik-lirik dengan tujuan untuk menghibur.

  1. Kelap-Kelip
  2. Keroncong Kemayoran

Pesan yang disampaikan dalam lagu ini adalah agar kita tetap bahagia walaupun banyak mengalami kesulitan.

  1. Kicir-Kicir

Lagu kicir-kicir merupakan kumpulan dari syair dan pantun yang kemudian dibuat lagu.

  1. Lenggang Kangkung
  2. Ondel-Ondel
  3. Pepaya Mangga Pisang Jambu
  4. Ronggeng Jakarta
  5. Sang Bango
  6. Sirih Kuning
  7. Surilang
  8. Wak-Wak Gung

Demikian kumpulan lagu daerah Jakarta, semoga bermanfaat.

Related posts: